Cara Ampuh Agar Semua Artikel Terindeks Google

Advertisement
Sedekah Ilmu, Assalamu Alaikum blogger, kali ini saya akan berbagi pengalaman, bagaimana cara yang saya gunakan, agar semua artikel di blog terindeks oleh mesin penelusuran google. Namun sebelumnya saya akan sedikit membahas pentingnya memahami dasar membuat blog yang baik, agar nantinya blog dapat bekerja dengan optimal.

Saya istilahkan blog adalah sebuah rumah bagi kita, jika anda adalah seorang yang baru akan memulai membuat sebuah blog, maka anda beruntung, karena anda baru akan memulai membuat sebuah rumah pribadi anda, anda bisa memikirkan dan menyiapkan bahan, dan rancangan, agar nantinya rumah yang anda bangun, adalah rumah impian anda, rumah yang kokoh, indah dan mudah ditemukan oleh siapapun. kenapa saya katakan anda beruntung, karena saya mungkin tidak seberuntung anda, karena saat membuat blog, saya hanya asal-asalan tanpa tau dasar membuat blog, akibatnya muncul banyak error di perayapan alat webmaster, dan membutuhkan berbulan bulan untuk mengatasinya. Blog/Rumah yang kokoh mampu melindungi dan membuat penghuni rumah merasa aman, dan rumah yang indah pastinya akan membuat orang-orang di sekitar anda merasa nyaman dan melirik rumah anda setiap waktu, namun anda juga harus memberikan alamat yang jelas dan memberikan data yang jelas, agar setiap orang yang mencari alamat rumah anda dapat dengan cepat menemukannya.

Untuk membuat blog/rumah yang kokoh maka yang perlu anda siapkan adalah pondasi, pondasi saya anggap sebagai dasar yang menentukan kokoh tidaknya suatu bangunan, dalam hal blog, maka anda harus menentukan nama blog yang sesuai dengan topik yang akan anda tuangkan dalam blog, melakukan setingan awal pada blog, juga menjadi salah satu hal yang menentukan hasil akhir blog/rumah. jika anda belum mengetahui cara melakukan setelan/seting blog silahkan melakukan browsing di google atau dapat membaca artikel berikut : 


Sebelum mengisi artikel ada baiknya saat memilih template blog, silahkan menggunakan template standar blogger atau bisa mendowload template, pilih template yang responsive, jika anda menggunakan template bawaan blogger maka aktifkan mode tampilan seluler, tambahkan pula beberapa widget penting sebagai navigasi blog anda, misalkan populer post, label/kategori dan juga bagde google plus, selain itu buat laman minimal 2 (dua) laman yang berisi about us, disclaimer, privacy police, sitemap dan juga kontak, lebih bagus kalo anda membuat semuanya.

Jika anda sudah paham, maka mulailah dengan membuat sebuah artikel, artikel yang baik adalah artikel yang anda buat sendiri / original, panjang kira-kira 1500 - 5000 kata atau lebih, memilih topik dan judul yang tepat yang mampu menarik pengunjung untuk membaca isi artikel anda, lengkapi dengan gambar sebagai pelengkap artikel, bisa juga menambahkan video, dan juga flash, sesuaikan dengan kebutuhan artikel anda, berikan label artikel yang memudahkan anda me-managemen artikel dan juga memberikan navigasi yang jelas bagi para pembaca, isi diskripsi penelusuran (jika anda mengaktifkan mode deskripsi penelusuran). nah sampai disini tugas anda mengisi blog sudah selesai.

Peta Situs Blog
Screenshot peta Situs blog ini, di Alat Google Webmaster
Kembali ke topik artikel yaitu, Cara Ampuh Agar Semua Artikel Terindeks Google. Apakah artikel yang kita publikasikan bakal terindeks oleh google ? jawabannya Iya, semua artikel akan terindeks oleh google asalkan kita tidak melakukan pencekalan isi artikel melalui robot.txt. Berapa lama waktu yang dibutuhkan agar semua artikel terindeks oleh Google? tergantung bagaimana cara kita melakukan optimasi, bisa dalam hitungan detik, menit, jam bahkan hari. Jika artikel kita merupakan artikel yang unik, mempunyai konten yang menarik dan kita memasang kata kunci artikel dengan tepat, maka artikel kita akan terindeks sekaligus menempati posisi pada halaman pertama pencarian google. Masalahnya banyak blogger yang telah bertahun tahun mengelola blog, namun sulit untuk menempatkan salah satu artikelnya di halaman pertama pencarian google, bahkan ada beberapa url yang tidak terindeks oleh alat webmaster.

Oke, Agar seluruh url blog/ artikel anda  dapat terindeks oleh google atau alat webmaster.  oanda perlu melakukan ebebrapa trik berikut :
  • Daftarkan Blog/Situs anda di Alat Webmaster Google, kunjungi Alat Webmaster Google - Login Menggunakan Akun Google - klik tambahkan situs - masukkan url blog kamu, misalkan http://namablog.blogspot.com - klik terus/lanjut. Untuk pengaturan lainnya silahkan browsing di google.
  • Verifikasi kepemilikan blog kamu di Alat Webmaster, caranya silahkan baca artikel berikut :  Cara Mudah Verifikasi Situs di Google Webmaster
  • Masukkan sitemap/peta situs ke Alat Webmaster, - login ke Webmaster - pilih situs kamu yang telah kamu daftarkan - Perayapan - Peta Situs - Klik tambahkan/uji peta situs, masukkan kode sitemap berikut satu persatu setelah nama url blog kamu, kemudian klik tambahkan :
atom.xml
atom.xml?redirect=false
feeds/posts/default?orderby=updated
atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=50
0
Contoh : http://namablog.blogspot.com/atom.xml, ganti angka 500 dengan angka 100 jika jumlah postingan kamu dibawah seratus artikel
  • Seting agar setiap selesai mempublish artikel dapat secara otomatis terkirim ke google plus, silahkan baca artikel : Cara bagikan Otomatis Artikel Ke Google Plus
  • Setiap selesai mempublish artikel kamu silahkan submit artikel kamu dengan mengunjungi https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url copy alamat url artikel pada browser yang baru saja kamu publish, masukkan alamat url artikel kamu pada kotak yang tersedia, masukkan juga captcha yang muncul lalu klik kirim permintaan, 
  • Masuk kembali ke Alat webmaster - Perayapan - Ambil Sebagai google / Fetch as Google, kemudian copy alamat url artikel kamu, tanpa url utama blog, misalkan url artikel kamu adalah http://namablog.blogspot.com/2015/04/seni-bela-diri-cina.html maka cukup kamu pastekan 2015/04/seni-bela-diri-cina.html kemudian klik ambil atau bisa ambil render, tunggu beberapa detik, kemudian muncul tulisan kirim ke indeks, lalu klik tulisan tersebut dan muncul pemberitahuan selesai jika proses tersebut sukses.
  • Bagikan pula artikel tersebut ke media sosial seperti twitter, dan juga facebook jika anda tidak tahu cara membagikannya secara otomatis, anda bisa melakukannya secara manual dengan mengcopy  alamat url artikel dan mempostingnya ke halaman beranda.
  • Rajin membuat atau mengupdate artikel secara rutin, serta melakukan kunjungan ke blog yang sudah terkenal (blog walking) dan meninggalkan jejak disana dengan cara yang baik.
  • Tahun 2015, saya mengembalikan lagi setingan robot.txt ke setingan defaultnya, jika anda bingung, maka tidak usah mengaktifkan fitur robot.txt
Nah cara tersebut adalah Cara Ampuh Agar Semua Artikel Terindeks Google dengan cepat, jika artikel kita semuanya terindeks oleh google, maka kita mempunyai peluang yang besar mendapatkan serta menaikkan jumlah pengunjung blog, serta berpeluang besar menempati posisi di halaman utama mesin pencari google. Saya bukanlah seorang yang ahli dalam bidang SEO, dan saya hanyalah blogger pemula, meskipun saya sudah 4 tahun ngeblog, namun baru beberapa bulan ini saya aktif di dunia blogging. hal-hal yang saya bagikan diatas semuanya adalah pengalaman saya, dan semuanya hasil dari membaca berbagai artikel yang telah saya implementasikan di beberapa blog saya.

Semoga artikel ini bermanfaat, jika ada saran dan masukkan silahkan meninggalkannya di kolom komentar, saya akan sangat berterima kasih atas saran dan masukkan dari anda. Wassalamu Alaikum. Salam Sukses !!!

"Orang biasa yang sedang belajar, dan ingin berbagi pengalaman"

9 komentar

Terima kasih atas tipsnya gan. Maaf, saya mau tanya. tips cara cepat agar postingan blog cepat keluar dari google sandbox bagaimana gan?. Postingan blog saya terkena sandbox beberapa hari kemarin.

terima kasih.

Sebenarnya, tidak perlu khawatir terkena google sandbox, karena itu sifatnya sementara, namun menurut pengalaman saya, silahkan artikel yang diedit, namun jangan berlebihan, setelah itu masuk ke google webmaster dan pilih menu fetch as google/ambil sebagai google, pastekan url artikel yg terkena google sandbox, ambil dan rayapi .. Stelah itu kirim indeks. butuh bbrpa waktu agar google

Butuh bbrpa waktu google utk merayapi blog, jd bersabar, priksa juga apakah di artikel tsbut ada broken link, priksa krmbali dengan google sandbox pinalty checker. Tp jika ttp gag bisa diperbaiki, silahkan copy isi artikel trlbih dahulu, pastekan di notepad. Hapus artikel yg terkena sandbox, buat artikel baru dengan topik yg hampir sama, pastekan artikel td, namun jgn lupa mengeditnya, nah jika nanti pake cara ini kemungkinan ada crawl error, hapus url yg error lwt webmaster tool. Moga sukses ya

Jos dan mantab.. tanya... kalo postingan yang udah di posting sejak lama apa juga dilakukan secara manual di atas untuk submit url nya?

iya om, bisa.. Moga sukses ya

Thanks infonya sob, blog saya udah setahun nganggur banyak indeks artikel yang hilang eh ternyata gara-gara setingan robots.txt yang ngga update lagi. Setelah di kembalikan ke default seperti kata masbro jadi maknyus lagi deh..!!

jika jarang melakukan update artikel blog, otomatis yg lama artikel lambat laut akan hilang, sebenarnya gag hilang sih, cuma posisinya mungkin berada di halaman paling akhir google hehehe.. sukses untuk sobat..

bermanfaat banget, terimakasih mas...

Tinggalkan Coretan, Terima Kasih Kunjungannya Mas Bro dan Mbak Bray
EmoticonEmoticon