Penerimaan CPNS Tahun 2015

Advertisement
Sedekah Ilmu, Kabar gembira bagi masyarakat yang ingin mendaftar menjadi Abdi Negara, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) tahun ini akan membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil sebanyak 134 ribu, dengan rincian 30 ribu diperuntukkan bagi honorer K2, dan sisanya untuk pelamar umum.

Menurut Asdep Koordinasi Kebijakan, Penyusunan Evaluasi Program dan Pembinaan Integritas SDM Aparatur KemenPAN-RB Subowo Djoko Widodo, jumlah tersebut masih dalam tahap pengusulan, disetujui atau tidaknya jumlah usulan tersebut masih menunggu persetujuan dari Kementerian Keuangan untuk menyesuaikan dengan anggaran.
Seleksi CPNS
Proses seleksi CPNS beberapa waktu lalu
Dari jumlah usulan tersebut, sebagian besar diperuntukkan bagi formasi untuk layanan dasar seperti tenaga pendidik, kesehatan, penyuluh dan fungsional tertentu. "Selain tenaga layanan dasar, formasi lainnya adalah tenaga layanan publik dan nawa cita," Tegas Djoko Widodo di kantornya, Senin (11/5).

Penetapan kuota CPNS disesuaikan dengan jumlah PNS yang pensiun, selain itu karena banyaknya kuota CPNS tahun lalu yang kosong, begitu juga dengan honorer K2 yang belum lulus, akan dimasukkan juga pada penyelenggaraan penerimaan CPNS tahun ini.

Tahun lalu, pemerintahan Jokowi sempat mewacanakan untuk melaksanakan moratorium / penghentian sementara pengadaan CPNS selama 5 tahun, namun wacana tersebut nampaknya tidak akan direalisasikan tahun ini, mengingat kebutuhan PNS dalam rangka memberikan pelayanan publik dirasa masih kurang dan butuh penambahan jumlah SDM.
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) mengusulkan kuota CPNS 2015 sebanyak 134 ribu. Formasi terbesar dialokasikan untuk layanan dasar seperti tenaga pendidik, kesehatan, penyuluh dan fungsional tertentu.
"Selain tenaga layanan dasar, formasi lainnya adalah tenaga layanan publik dan nawa cita," kata Asdep Koordinasi Kebijakan, Penyusunan Evaluasi Program dan Pembinaan Integritas SDM Aparatur KemenPAN-RB Subowo Djoko Widodo di kantornya, Senin (11/5).
Usulan 134 ribu itu merupakan gabungan dari sisa formasi CPNS 2014 yang tidak terpakai, jumlah pensiunan PNS serta honorer K2. Untuk honorer K2, dialokasikan sebanyak 30 ribu.
"Prinsip penetapan kuota CPNS disesuaikan dengan jumlah PNS yang pensiun. Selain itu, karena ada kuota tahun lalu tidak digunakan itu dimasukkan tahun ini. Begitu juga honorer K2 yang belum lulus, kita masukkan tahun ini juga," terang Bowo
Hanya saja, Bowo belum bisa memastikan apakah usulan 134 ribu itu sudah pasti ditetapkan sebagai kuota nasional atau tidak. Sebab, KemenPAN-RB menunggu persetujuan Kementerian Keuangan untuk menyesuaikan dengan kemampuan anggaran negara
- See more at: http://www.jpnn.com/read/2015/05/11/303414/Pemerintah-Usulkan-134-Ribu-Kuota-CPNS-2015#sthash.7Em8u000.dpuf

"Orang biasa yang sedang belajar, dan ingin berbagi pengalaman" Orang yang nggak hobby membaca apalagi menulis, tetapi berharap menjadi orang pinter

Tinggalkan Coretan, Terima Kasih Kunjungannya Mas Bro dan Mbak Bray
EmoticonEmoticon