Rumput Alang - Alang dan Manfaatnya !

Advertisement
Sedekah ilmu - Alang-alang atau ilalang ialah sejenis rumput berdaun tajam, yang kerap menjadi gulma di lahan pertanian. Rumput ini juga dikenal dengan nama-nama daerah seperti alalang, halalang (Min.), lalang (Mly., Md., Bl.), eurih (Sd.), rih (Bat.), jih (Gayo), re (Sas., Sumbawa), rii, kii, ki (Flores), rie (Tanimbar), reya (Sulsel), eri, weri, weli (Ambon dan Seram), kusu-kusu (Menado, Ternate dan Tidore), nguusu (Halmahera), wusu, wutsu (Sumba) dan lain-lain.[1]


Nama ilmiahnya adalah Imperata cylindrica, dan ditempatkan dalam anak suku Panicoideae. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai bladygrass, cogongrass, speargrass, silver-spike atau secara umum disebut satintail, mengacu pada malai bunganya yang berambut putih halus. Orang Belanda menamainya snijgras, karena sisi daunnya yang tajam melukai. (id.wikipedia.org)

Ciri Tumbuhan Alang - Alang

Meskipun tanaman ini sudah tidak asing lagi bagi kita tapi mungkin bagi sebagian kalangan tanaman ini ada yang tidak tau bahkan belum pernah melihatnya, Secara fisik tanaman akar alang-alang termasuk ke dalam bangsa rumput-rumputan, tumbuh merayap di tanah. Sifat tanaman alang-alang adalah tanaman ini tidak suka tumbuh lahan-lahan yang gersang serta banyak bebatuan, tanaman rumput ini lebih menyukai hidup di lahan-lahan yang subur baik itu lahan yang lembab atau kering. Di alam bebas tanaman ini tumbuh pada ketinggian 2700 m di atas permukaan laut, biasanya tumbuh liar di lahan-lahan kosong, pingir-pingir jalan, pinggir pesawahan dan ladang yaitu tempat-tempat yang mendapatkan suplai sinar matahari banyak.



Daun alang-alang
Daun tanaman alang-alang memiliki bentuk memanjang seperti pita dan berjenis tunggal, pangkalnya saling menutup. Daun alang-alang memiliki warana hijau ada juga yang kemerah-merahan jika umurnya sudah tua, ujung daun runcing dan tajam serta berdiri tegak dan kasar, harus hati-hati jika kita mendekat dan bersentuhan dengan tanaman ini karena daunnya bisa melukai kulit kita dan timbul rasa gatal.

Bunga alang-alang
Bunga tanaman alang-alang mempunyai susunan bulir yang majemuk serta agak memguncup, panjang daun bisa tumbuh dari 6 – 28 cm. Di dalam setiap cabangnya terdiri dari 2 bulir.

Tangkai alang-alang
Tangkai bunga alang-alang biasanya mempunyai diameter tangkai 1 – 3 mm, pada bagian kepala putik memiliki bentuk menyerupai bulu ayam.

Bagi anda yang masih bingung juga tentang ciri Tumbuhan Alang - Alang, mungkin sebagian anda pernah melihat Foto Prawedding, Cover Album Band Musik yang biasanya menggunakan background alam/hamparan rumput menghijau dengan bunga putih kekuning kuningan dipucuknya, tanaman itulah yang disebut Alang - Alang.

Manfaat dan Kegunaan

Secara umum, alang-alang digunakan untuk melindungi lahan-lahan terbuka yang mudah tererosi. Kecepatan tumbuh, jalinan rimpang alang-alang di bawah tanah, serta tutupan daunnya yang rapat, memberikan manfaat perlindungan yang dibutuhkan itu.

Di Bali dan Indonesia timur umumnya, daun alang-alang yang dikeringkan dan dikebat dalam berkas-berkas digunakan sebagai bahan atap rumah dan bangunan lainnya. Daun alang-alang juga kerap digunakan sebagai mulsa untuk melindungi tanah di lahan pertanian. Serat halus dari malai bunganya kadang-kadang digunakan sebagai pengganti kapuk, untuk mengisi alas tidur atau bantal.


Rimpang dan akar alang-alang kerap digunakan sebagai bahan obat tradisional, untuk meluruhkan kencing (diuretika), mengobati demam dan lain-lain. Sejumlah kultivarnya diseleksi untuk dijadikan rumput hias di taman-taman. Di antaranya adalah kultivar ‘Red Baron’ yang berdaun merah.

beberapa manfaat Alang - Alang lainnya :
  • Pembengkakan akibat radang ginjal akut
  • Pembengkakan karena terbentur 
  • Mengobati infeksi pada saluran pencernaan 
  • Pendarahan akibat panasnya darah, misal mimisan, batuk darah, muntah darah dll 
  • Pendarahan pada wanita 
  • Susah buang air kecil atau kencing terus menerus
  • Demam yg disertai haus 
  • Urat saraf melemah 
  • Radang pada paru-paru 
  • Keputihan pada wanita 
  • Gangguan pencernaan 
  • Jantung koroner 
  • Batuk, flu, diare 
  • Asma 
  • Gonorea ( kencing nanah ) 
  • Tekanan darah tinggi 
Kini, banyak dijual di Pasar tradisional maupun pasar modern obat - obat  instan yang didalamnya terdapat kandungan sari Tanaman Alang - Alang, biasanya terdapat dalam obat panas dalam instan, larutan penyegar dll.

sumber : id.wikipedia, obatnatual.blogspot.com, jepitanjemuran.com

"Orang biasa yang sedang belajar, dan ingin berbagi pengalaman"

Tinggalkan Coretan, Terima Kasih Kunjungannya Mas Bro dan Mbak Bray
EmoticonEmoticon