Manfaat Tanaman Adem Ati

Advertisement
Sedekah Ilmu, - Tanaman Adem Ati (Litsea glutinosa (Lour.) C.D. Robins.) dikenal juga dengan banyak nama-nama lokal seperti : huru beusai, huru batu, madang kapas, adem ati, kapu ketek, nyampa wingka, wuru beling, huru tangkalak.

Deskripsi tanaman ini berupa pohon, dengan tinggi dapat mencapai kira-kira 10 meter, batang berkayu dan juga bercabang-cabang, daunnya tunggal, berbentuk elips, berbulu halus dan berwarna hijau. Perbungaan bentuk malai, mahkota bunga berwarna putih kekuning-kuningan. Buah berbentuk bulat, buah muda berwarna hijau, dan jika sudah tua berwarna hitam. Akar tungga berwarna cokelat muda. Bagian yang sering digunakan adalah akar, kulit kayu, dan juga daunnya.
 
Ciri fisik yang bisa dikenali dari tanaman yang masih famili Lauraceae ini yaitu :
  • tumbuhan berbentuk pohon dan bisa mencapai ketinggian hingga 10 meter.
  • Batang berkayu dan memiliki banyak cabang.
  • Daun tunggal dan memiliki bentuk elips,berwarna hijau dan berbulu halus.
  • Perbungaan bentuk malai,memiliki mahkota bunga yang berwarna putih kekuningan.
  • Buah Adem ati berbentuk bulat kecil,untuk warna buah muda hijau setelah tua warnany menjadi hitam.
  • Adem Ati memiliki jenis akar tunggang berwarna coklat muda.
  • Sifat Khas Manis, pahit, dan mendinginkan. 

Senyawa kimia : Alkaloid (golongan fenantrena dan aporfina), flavonoida, tanin, polifenol, dan minyak atsiri 

Manfaat dan Khasiat Tanaman Adem Ati

Manfaat khasiat akar adem ati dapat mengobati : Radang usus Kencing manis, Radang kulit Mencret
Manfaat khasiat kulit kayu dan daun tanaman adem ati dapat mengobati : Luka berdarah Radang payudara, Kulit bernanah Bisul
Berikut adalah cara meramu tanaman adem ati untuk mengatasi beberapa penyakit:

Kencing Manis
Untuk meredakan kencing manis, siapkan akar adem ati sebanyak 5 gram, daun salam segar sebanyak 4 lembar , dan air 250 ml, lalu rebus hingga tersisa airnya menjadi 200 ml. Setelah dingin saring dan miminum 2 kali sehari, pagi dan sore, setiap minum 100 ml.


Mencret, Radang Usus

Akar adem ati 6 gram, kunyit segar 6 gram, air 110 ml, lalu rebus hingga airnya tersisa menjadi 100 ml. Miminum ramuan ini 1 kali sehari sebanyak 100 ml. Lama pengobatan diulang selama 3 hari untuk mengatasi (Mencret), sedangkan untuk mengatasi (Radang usus) lakukan selama 15 hari. Bila tidak menunjukkan ciri gejala penyembuhan, dianjurkan untuk menghubungi dokter.


Radang Kulit Bernanah, Radang Payudara, Luka, dan Bisul

Kulit kayu atau daun segar adem ati secukupnya, daun sambilata secukupnya, dan air secukupnya, lalu dipipis hingga berbentuk pasta.Balurkan pasta pada bagian kulit yang sakit hingga merata, sebelum dibaluri dengan pasta tersebut, sebaiknya bagian yang sakit dibersihkan dengan air hangat terlebih dahulu untuk medapatkan hasil yang sempur. Perbaharui pasta setiap 3 jam sekali secara berturut - turut.

sumber : racikanobatku.blogspot.com, manfaatdaundanobat.blogspot.com, id.wikipedia.org

"Orang biasa yang sedang belajar, dan ingin berbagi pengalaman" Orang yang nggak hobby membaca apalagi menulis, tetapi berharap menjadi orang pinter

Tinggalkan Coretan, Terima Kasih Kunjungannya Mas Bro dan Mbak Bray
EmoticonEmoticon