Sehat Dan Cantik Dengan Asam Jawa

Advertisement
Sedekah Ilmu, Asam Jawa adalah buah dengan rasa asam / kecut yang sering digunakan pada bumbu masakan, khususnya digunakan pada masakan sayuran. Asam Jawa mempunyai nama latin Tamarindus Indica, tanaman ini berasal dari daratan Africa, saya sendiri kurang tau kenapa dinamakan asam jawa, padahal bukan asli berasal dari jawa, tapi mungkin karena rata - rata masyarakat jawa banyak menggunakan asam jawa dalam berbagai masakan, dan juga di jawa banyak di jumpai pohon asam di pinggir jalan sebagai pohon perindang, mungkin inilah sehingga Buah Asam dikenal dikenal dengan nama Asam Jawa.

Pohon asam jawa dapat tumbuh 30 meter, memiliki buah dengan kulit berwarna coklat, warna daging buah berwarna putih sewaktu muda, dan ketika matang warna daging buah akan berubah menjadi coklat, Pohon asam mempunyai batang yang keras dan ulet, cocok digunakan sebagai bahan bangunan, daun pohon asam berwarna hijau, dengan lebar 0.5 cm dan panjang maksimal 1 cm. Pohon asam dapat hidup hingga ratusan tahun.


Asam jawa
Asam Jawa ternyata mempunyai banyak manfaat, selain digunakan sebagai bumbu dan penguat rasa masakan, ternyata asam jawa juga mempunya manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Kini banyak produk hasil olahan pabrik modern yang berbahan baku asam jawa dijual di supermarket, baik dalam bentuk permen, minuman dan juga makanan. Beberapa manfaat dari Buah dan Daun Asam Jawa bagi kesehatan adalah :
  • Mengobati Penyakit Gatal, penyakit gatal semacam eksim, borok dll dapat diobati menggunakan rauan asam jawa, cara membuatnya yaitu Asam Jawa sekitar 5 buah, umbi temulawak 2 siung dan gula aren secukupnya, tumbuk semua bahan menajdi satu, kemudian rebus dengan air 400 cc, hingga tersisa setengahnya, saring dan minum air rebusan 2 kali sehari.
  • Mengobati Disentri, penyakit disentri adalah penyakit gangguan pada usus/pencernaan, biasanya orang yang terkena disentri akan sering buang air besar yang terus menerus disertai cairan lendir, dan darah. untuk mengobatinya, gunakan asam jawa, kunyit dan temu lawak. ketiga bahan tersebut dihaluskan dan direbus, minum dengan menambahkan madu murni, minum dipagi hari.
  • Obat Sariawan, Untuk mengobati sariawan dengan menyeduh Asam Jawa dengan air panas dan tambahkan gula aren, kemudian saring dan air seduhan diminum saat hangat.
  • Mengobati asma, asma adalah penyakit sesak nafas, sesorang dapat terjankit asma dikarenakan kondisi udara yang tidak bersih dan juga adanya faktor keturunan, orang yang sakit asma dapat ditandai dari suara saat bernafas, terdengar mengi (sesak) dan mudah kambuh saat terkena polusi udara atau kecapean, untuk mengobatinya Gunakan kulit pohon asam jawa dicampur dengan Adas Pulowaras, rebus hingga mendidih, kemudian air hasil rebusan diminum 2 kali sehari
  • Mengobati Demam, selain buah dan kulit pohon Asam, ternyata daun Pohon asam dapat digunakan menunrunkan demam, cara membuat ramuannya yaitu, ambil segenggam daun asam, tambahkan adas pulo waras, rebus dengan 500 cc air, saring dan minum air rebusan secara teratur 2 kali sehari.
  • Mengobati Batuk kering, Rebus 4 buah asam jawa dan segenggam daun saga dengan  4 gelas air hingga tersisa kira-kira satu gelas, minum secara teratur 2 kali sehari.
  • Mengatasi darah Rendah, untuk mengatasi darah rendah, gunakan 4 buah asam jawa, 50 gram bawang putih, 15 gram cabe rawit, garam dan gula aren secukupnya, buat ramuan tersebut menjadi sambal, kemudian rebus sekitar 250 gram bayam setengah matang, kemudian bayam di makan sebagai lalapan dengan sambal, nikmati dengan nasi beras merah.
  • Menghilangkan rasa mual. bagi anda khsususnya yangs ering merasakan mual terutama saat melakukan perjalanan menggunakan kendaraan, cobalah meminum air asam yang ditambahkan gula aren sebelum bepergian, atau anda juga bisa membeli gula-gula rasa asam / tamarin untu menghilangkan rasa mual saat perjalanan.
Manfaat Asam Jawa untuk Kecantikan :
  • Mencerahkan dan Mengencangkan Kulit, kulit yang cerah dan kencang adalah dambaan bagi mayoritas wanita, anda dapat membuat ramuan dari Asam jawa untuk mendapatkan kulit yang cerah dan kencang, Cara membuat ramuannya yaitu : lumatkan daging buah Asam Jawa, campur engan sedikit kunyit dan juga air hingga menjadi sebuah adonan lulur, gunakan pada kulit wajah atau badan, diamkan selama kurang lebih 15-30 menit, kemudian bilas dengan air hangat, gunakan secara rutin. Selain itu anda juga dapat merebus kunyit, Asam Jawa dan Gula aren kemudian minum secara rutin.
  • Mengangkat Sel Kulit Mati, yaitu dengan cara melumatkan buah Asam jawa dan menambahkan yogurt dan sedikit garam, campur hingga menjadi adonan seperti pasta, gunakan pada kulit wajah dan hindari terkena mata, pijit pelan-pelan bagian wajah anda selama kurang lebih 30 menit, agar kandungan AHA pada buah Asam terserap kulit, bilas menggunakan air bersih. Ulangi beberap kali hingga nampak hasilnya.
  • Menghilangkan Jerawat, Jerawat adalah sesuatu yang paling tidak disukai oleh kaum hawa, karena jerawat dianggap mampu mengurangi kecantikan wajah dan menggangu penampilan. untuk mengobati jerawat, anda dapat menggunakan 12 lembar daun sambiloto, temulawak, kencur seukuran ibu jari, 1 sendok teh adas, serta 10 lembar daun jintan, dan asam kawak (asam kawak adalah daging buah Asam Jawa yang telah diawetkan) biasanya banyak dijual di pasar. semua bahan dihaluskan, kemudian diseduh dengan air mendidih, kemudian saring, minum air ramuan tersebut 3 kali sehari.
  •  Menghilangkan Selulit, selulit adalahgumpalan lemak yang terperangkap didalam kulit, pada seseorang yang terkena selulit kulit akan terlihat seperti kulit jeruk, selulit banyak menyerang kaum hawa. penyebab selulit adalah kurangnya olah raga, kerja liver yang lamabat, dan mengkonsumsi makanan yang menganduk lemak secara berlebihan. untuk menhilangkan selulit menggunakan ramuan Asam Jawa yaitu Asam Jawa dicampur dengan sedikit gula pasir, baking soda serta air perasan jeruk lemon. aduk bahan bahan tersebut hingga merata, gunakan pada kulit yang terkena selulit, pijat searah jarum jam selama kurang lebih 15 meni, kemudian bilas menggunakan air hangat, gunakan secara rutin. untuk mencegah selulit anda bisa melakuakn olah raga secara rutin serta menghindari makan secara berlebihan makanan yang mengandung lemak. 
Demikian uraian tentang artikel Sehat Dan Cantik Dengan Asam Jawa, bagi anda wanita hamil dan juga yang mempunyai riwayat sakit maag, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter anda sebelum menggunakan ramuan tersebut. semoga bermanfaat.

Sumber bacaan : wikipedia, baitulherbal.com, manfaatbuahdaun.blogspot.com

"Orang biasa yang sedang belajar, dan ingin berbagi pengalaman"

4 komentar

Keren mas... Asem Jawa dikampung saya banyak ditemukan. namun ndak nyangka punya manfaat pengobatan seperti ini. khususnya untuk asma.... bisa saya share ilmu ini keteman saya yang sedang sakit asma... makasih info manfaatnya mas...

Sama-sama mas, moga bermanfaat...

Thank you so much for dropping by my blog and commenting... have a great week :-)

Tinggalkan Coretan, Terima Kasih Kunjungannya Mas Bro dan Mbak Bray
EmoticonEmoticon