Alpukat, Buah Nikmat Kaya Manfaat !

Advertisement
Sedekah Ilmu - Alpukat, Siapa yang tak kenal buah yang satu ini, buah dengan sejuta manfaat, baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Tumbuhan Buah Alpukat hidup subur di wilayah Indonesia, alpukat lebih di kenal sebagai buah yang biasa dikonsumsi menjadi Juz, rasanya yang cukup nikmat dan kaya akan manfaat menjadi salah satu alasan buah ini banyak diburu masyarakat.


Alpukat atau Persea americana ialah tumbuhan penghasil buah meja dengan nama sama. Tumbuhan ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah dan kini banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropika lainnya di dunia. Pohon, dengan batang mencapai tinggi 20 m dengan daun sepanjang 12 hingga 25 cm. Bunganya tersembunyi dengan warna hijau kekuningan dan ukuran 5 hingga 10 milimeter. Ukurannya bervariasi dari 7 hingga 20 sentimeter, dengan massa 100 hingga 1000 gram; biji yang besar, 5 hingga 6,4 sentimeter. (wikipedia)
Alpukat merupakan salah satu buah yang dianggap sebagai makanan diet komplit untuk bayi. Di dalam buah alpukat mengandung lebih dari 25 nutrisi penting termasuk vitamin (A, B, C, E, dan K) dan senyawa seperti potasium, zat besi, magnesium, dan fosfor. Selain itu, buah alpukat juga mengandung protein esensial, serat, dan phytochemical yang berfungsi sebagai glutathione, lutein, dan beta-sitosterol. Namun, para ahli medis lebih menyarankan kita untuk membeli buah alpukat di tempat yang penjualnya sudah mengerti betul akan khasiat dari alpukat karena alpukat juga mengandung banyak kalori, sehingga jika di konsumsi terlalu berlebih dapat menambah berat badan secara cepa.

Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan,
Berikut sedikit dari banyak manfaat buah Alpukat bagi kesehatan :
  • Pencegahan Terhadap Kanker Prostat
Apokat terbukti dapat menekan pertumbuhan kanker prostat.
  • Pencegahan Kanker Mulut
Penelitian telah menunjukkan bahwa zat tertentu pada apokat dapat menemukan dan mematikan sel penyebab kanker mulut tanpa melukai sel yang sehat.
  • Pencegahan Kanker Payudara
Apokat seperti halnya minyak olive mengandung banyak asam oleat yang dapat mencegah kanker payudara pada banyak studi.
  • Kesehatan Mata
Apokat mempunyai lebih banyak kandungan karotenoid daripada buah-buah yang biasa dikonsumsi lainnya. Zat ini melindungi terhadap penurunan penglihatan serta katarak, dua penyakit mata yang disebabkan oleh usia.

  • Menurunkan Kolesterol
Apokat banyak mengandung beta-sitosterol, sebuah zat yang terbukti dapat menurunkan tingkat kolesterol darah. Pada sebuah studi yang terdiri dari 45 sukarelawan mengalami penurunan kolesterol hingga 17% setelah mengkonsumsi apokat banyak selama satu minggu.
  • Kesehatan Jantung
Satu cangkir alpukat mengandung 23% dari nilai asupan asam folate yang dianjurkan. Beberapa studi menunjukkan bahwa orang yang makan banyak folat mempunyai resiko terkena penyakit jantung yang lebih rendah daripada yang tidak. Vitamin E, lemak tidak jenuh dan glutathione pada apokat juga sangat baik untuk jantung Anda.
  • Pencegahan Stroke
Kandungan folate yang tinggi pada apokat juga mencegah stroke. Orang yang makan banyak folat mempunyai resiko terkena stroke yang lebih rendah daripada yang tidak makan buah alpukat.
  • Penyerapan Gizi yang Lebih Baik
Penelitian menemukan bahwa beberapa jenis gizi dapat diserap dengan lebih baik apabila dikonsumsi bersama alpukat.
  • Sumber Glutathione
Apokat adalah sumber yang baik dari glutathione, sebuah anti oksidan penting yang oleh para peneliti diketahui dapat mencegah penuaan, kanker dan serangan jantung.
  • Sumber Vitamin E
Apokat adalah buah yang merupakan sumber dari vitamin E, vitamin utama yang melindungi dari banyak penyakit dan membantu menjaga kesehatan kita secara keseluruhan.
  • Mengatasi Hipertensi
Jus alpukat juga memberi keuntungan pada pasien yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Cobalah untuk menjadikan jus alpukat sebagai menu diet rutin Anda.
Manfaat Alpukat untuk Kecantikan
  • Membuat Rambut Berkilau
Buah alpukat dikenal memiliki kandungan vitamin E yang sangat tinggi dan dapat dijadikan masker untuk rambut.
Caranya: cukup haluskan sebuah alpukat matang, kemudian campur dengan yoghurt, sebutir telur, setengah sendok teh minyak rosemary dan satu sendok teh minyak jojoba. Kemudian jadikan masker untuk rambut anda. Biarkan lebih kurang 20-30 menit, kemudian bilas dengan shampoo. Vitamin E pada alpukat sangat bermanfaat untuk menjaga warna rambut dan mempertahankan kemilaunya.
  • Sebagai Pelembab
Buah alpukat dapat digunakan sebagai pelembab dan melembutkan kulit yang kering. Minyak alpukat juga sering digunakan pada bibir untuk mencegah pecah-pecah.
Caranya, satu buah alpukat yang belum terlalu matang, kemudian lumat isinya, lalu tambahkan susu sapi asli. Aduklah hingga rata. Kemudian gunakan sebagai pelembab pada area-area kulit kering anda. Biarkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air hangat, untuk hasil maksimal gunakan minimal 3 kali seminggu dan gunakan sebelum anda istirahat malam
  • Mengurangi Keriput
Pada buah alpukat terkandung antioksidan dan asam amino yang dapat membantu untuk membuang racun yang mengakibatkan penuaan dan kerutan pada kulit kita.
  • Membersihkan Kotoran pada Kulit
Buah alpukat sangat kaya akan vitamin A. Hal ini dapat membantu mengangkat sel mati pada kulit anda. Minyak dari buah alpukat sangat mudah sekali diserap oleh kulit sehingga cocok sekali untuk dijadikan lotion untuk memijat. Minyak alpukat yang di serap oleh tubuh dapat memberikan nutrisi bagi lapisan kulit sehingga dapat merangsang pertumbuhan sel kulit baru dan juga dapat memperlancar sirkulasi darah pada kulit.
  • Menjadikan Kulit lebih Kenyal
Buah alpukat sangat bermanfaat sekali untuk membantu mengenyalkan kulit anda. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin E dan vitamin A yang terdapat pada buah alpukat.
Demikian sedikit banyak tentang manfaat buah Alpukat, baca juga Jenis Tanaman Apotik Hidup Lainnya. jika anda menyukai artikel ini, jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog ini dan dapatkan info menarik lainnya.


sumber : escampur.com, wikipedia

"Orang biasa yang sedang belajar, dan ingin berbagi pengalaman"

Tinggalkan Coretan, Terima Kasih Kunjungannya Mas Bro dan Mbak Bray
EmoticonEmoticon