Khasiat dan Manfaat Tanaman Ajeran

Advertisement
Sedekah Ilmu, - Ajeran atau yang lebih akrap disapa Jintan ini memiliki nama yang sangat banyak sesuai daerah masing-masing termasuk di negara tetangga yan memiliki nama lain dari tanaman yang satu ini. Berikut beberapa sebutan untuk tanaman yang satu ini berdasarkan wilayah masing-masing: Ajeran, hareuga (Sunda), jaringan, ketul (Jawa). NAMA ASING: Black jack (En). Sornet (Fr). Malaysia: kancing baju, pau-pau pasir, keroten. Papua New Guinea: ivu na mag (Gunantuna, New Britain), rakot (Kurtatchi, Bougainville). Philippines: dadayem (Ibanag), burburtak (Ilocano), pisau-pisau (Bisaya). Thailand: puen noksai, kee nok sai, yaa koncham khaao. Vietnam.

Mengenai Khasiat, sepertinya tak perlu diragukan lagi. Pasalnya berdasarkan penelitian yang tengah mengidentifikasi mengenai kandungan dari tanaman ajeran ini menemukan beberapa kandungan yang memiliki sifat rasa pahit, agak dingin, penurun panas (antipiretik), anti radang (anti inflamasi), menghentikan perdarahan, melancarkan peredaran darah, astringen dengan kandungan kimia Phytosterin-B. 

Beberapa Contoh Manfaat Ajeran 

Demam atau penurun panas
  • Ambil daun ajeran segar segenggam atau lebih kurang 5 gram, tambahkan dengan daun sembung dan jahe secukupnya. Campur semua bahan dan rebus dengan 500 ml air (setengah liter). Setelah mendidih, dinginkan, lalu saring. Dalam keadaan hangat atau dingin, air hasil saringan dapat dimanfaatkan untuk minuman pereda demam.
  • Ambil daun ajeran yang telah dikeringkan sekitar satu genggam, campur dengan jahe secukupnya atau cengkeh sekitar lima buah. Rebus semua bahan tersebut dalam dua gelas air. Setelah mendidih, saring, dan dinginkan sebelum diminum.
Pencuci mata
  • Ambil sekitar segenggam daun anjeran segar atau lebih kurang 5 gram ukuran sedang. Cuci dan bersihkan sebelum direbus dalam air sebanyak satu gelas. Setelah mendidih, dinginkan. Setelah benar-benar dingin, Anda dapat memanfaatkan rebusan daun ajeran tersebut untuk mencuci mata. Sebaiknya gunakan alat khusus (gelas pencuci mata) yang dapat dibeli di apotek agar lebih bersih dan efisien.
Minuman penyegar
  • Seperti halnya teh, daun anjeran dapat digunakan sebagai minuman penyegar. Caranya, ambil daun ajeran segar lebih kurang 10 gram. Setelah dicuci dan dibersihkan, rebus dengan dua gelas air. Setelah masak, dinginkan. Sebagai campuran, Anda dapat menambahkan madu sebagai pemanis atau sedikit cengkeh agar terasa lebih segar di tenggorokan.
Catatan : Karena rasanya yang pahit, sebaiknya tambahkan sedikit gula atau madu. Sebaiknya hindari penggunaan berlebih karena dapat menyebabkan iritasi pada ginjal. Tak ada salahnya sebelum memanfaatkan ramuan ini, pastikan ginjal Anda tidak bermasalah

sumber : health.kompas.com

"Orang biasa yang sedang belajar, dan ingin berbagi pengalaman"

Tinggalkan Coretan, Terima Kasih Kunjungannya Mas Bro dan Mbak Bray
EmoticonEmoticon