Ketahui Performa Web dan Blog Kamu dengan Google PageSpeed Insights

Advertisement
Tampilan situs salah satu aspek penarik minat bagi para pengunjung situs dalam membaca konten situs. tentu saja diikuti dengan isi konten yang berkualitas. situs penyedia informasi publik misalnya, sangat memperhatikan poin tersebut. karena hal teresbut menjadi salah satu senjata dalam meningkatkan jumlah pengunjung. hal tersebut tentunya akan sangat menguntungkan bagi pengelola situs, terutama bagi mereka yang menggunakannya untuk kepentingan bisnis, selain karena pengunjung akan tertarik untuk kembali mengujungi situs anda, situs anda juga akan cepat di temukan oleh mesin pencari (search engine) karnea meningkatnya intensitas kunjungan ke situs anda.

Selain konten yang berkualitas, sekarang rata rata situs Indonesia mulai mengaplikasikan template yang responsive dan friendly SEO, ini dikarenakan adanya kemajuan di bidang teknologi lainnya. misalkan kemajuan di bidang teknologi informasi, salah satunya pengguna smartphone.

Dalam menarik minat pengunjung, kini banyak situs mengaplikasikan tampilan situs yang responsive, tidak harus menggunakan komputer/laptop untuk membuka situs tersebut, akan tetapi dapat diakses menggunakan smartphone, tentunya dengan tampilan konten yang mampu menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan.


Nah, akan tetapi menurut saya, ada beberapa bagian yang dilupakan oleh pengelola konten situs-situs tersebut. kebanyakan situs hanya mementingkan isi dan konten yang berkualitas, para pengelola konten situs agaknya sedikit mengesampingkan performa situs.


saya tidak menampik bahwa para pengelola situs selalu berusaha memberikan kemudahan kemudahan dalam layanan dan informasi yang cepat dan akurat, meskipun banyak juga yang hanya melakukan copy paste isi berita demi mengisi konten situs itu sendiri (biar kelihatan profesional) hehe


Tahukah anda, bahwa Layanan  Google PageSpeed Insights salah satu layanan google yang dapat digunakan dalam mengecek performa situs yang kita kelola. saya iseng mengecek beberapa situs ternama di indonesia seperti, viva.co.id, detik.com, liputan6.com, tempo.co.id, kesemua situs yang saya cek rupanya mendapatkan nilai rendah dari google PageSpeed, itu artinya ada beberapa kelemahan yang dimiliki situs tersebut, salah satunya komposisi html maupun java scripts yang kurang sempurna (menurut google), yang tentunya hal tersebut akan menyebabkan performa situs tidak optimal, entah kecepatan ketika diakses melalui smartphone maupun Komputer.

keadaan tersebut bukan saja menimpa situs situs di indonesia, Situs sekelas BBC yang berpusat di UK pun tidak jauh lebih baik dari situs yang di kelola di Indonesia, bahkan bisa dikatakan lebih rendah kualitasnya. saya sendiri tidak mempunyai patokan khusus menilai mana yang lebih baik, (kalo suruh milih tetep milih situs Indonesia karena saya tidak mengerti situs berbahsa asing :P ) akan tetapi dengan menggunakan bantuan layanan google saya sedikit lebih tahu. saya lampirkan screenshot performa situs situs tersebut ketika dibuka di smartphone dan Komputer.


saya hanyalah seorang newbie yang sedang belajar. karena saya mencintai Teknologi Informasi selain mencintai keluarga saya hehe :) !! layanan google PageSpeed Insight selain memberikan informasi tentang performas situs, juga memberikan (saya katakan) salah satu solusi dalam melakukan penyempurnaan terhadap komposisi html/java script template situs, serta tindakan tindakan lainnya yang dapat menyempurkan performa situs anda. nah bagi yang iseng mau tau performa situs yang anda kelola silahkan mengungunjungi Google PageSpeed Insights

Demikian sekilas corat coret saya disela-sela istirahat. mohon kritik jika salah, maklum sy hanyalah newbie yang gemar mengeluarkan sesuatu di otak saya, walau terkadang kurang penting hahahahahahah





"Orang biasa yang sedang belajar, dan ingin berbagi pengalaman"

Tinggalkan Coretan, Terima Kasih Kunjungannya Mas Bro dan Mbak Bray
EmoticonEmoticon