Download MP3 Hymne Dan Mars Hari Ibu

Advertisement
Sedekah Ilmu, Ibu adalah sosok wanita yang sangat berarti dalam kehidupan keluarga, ibu merupakan wanita yang penuh dengan kasih sayang, sabar, dan penuh perhatian, hampir sulit mengungkapkan jutaan kebaikan dari seorang Ibu. bahkan dalam Agama Islam, Ibu memiliki derajat yang lebih tinggi dari seorang ayah, sehingga munculah istilah "Surga di bawah telapak kaki Ibu".
Hari Ibu
Ibu (Foto : internet)
Tahukah anda, kapan diperingati hari Ibu di Indonesia ? peringatan hari ibu bukan hanya untuk memperingati peran seorang ibu, namun lebih kepada penghormatan dan penghargaan terhadap perjuangan kaum wanita secara menyeluruh, baik dimasa penjajahan maupun masa-masa sekarang, dan peringatan Hari Ibu ternyata bukan hanya diperingati di Indonesia, peringatan Hari Ibu diperingati hampir di seluruh dunia, namun masing-masing negara berbeda dalam penentuan tanggal peringatan, yaitu disesuaikan dengan latar belakang sejarah lahirnya Hari Ibu. Berikut ini adalah sejarah Hari Ibu yang admin kutip dari Wikipedia.
Hari Ibu di Indonesia dirayakan secara nasional pada tanggal 22 Desember. Tanggal ini diresmikan oleh Presiden Soekarno di bawah Dekret Presiden No. 316 thn. 1953, pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia 1928. Tanggal tersebut dipilih untuk merayakan semangat wanita Indonesia dan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara. Kini, arti Hari Ibu telah banyak berubah, dimana hari tersebut kini diperingati dengan menyatakan rasa cinta terhadap kaum ibu. Orang-orang saling bertukar hadiah dan menyelenggarakan berbagai acara dan kompetisi, seperti lomba memasak dan memakai kebaya.

Hari Ibu di Indonesia dirayakan pada ulang tahun hari pembukaan Kongres Perempuan Indonesia yang pertama, yang digelar dari 22 hingga 25 Desember 1928. Kongres ini diselenggarakan di sebuah gedung bernama Dalem Jayadipuran, yang kini merupakan kantor Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional di Jl. Brigjen Katamso, Yogyakarta. Kongres ini dihadiri sekitar 30 organisasi wanita dari 12 kota di Jawa dan Sumatera. Di Indonesia, organisasi wanita telah ada sejak 1912, terinspirasi oleh pahlawan-pahlawan wanita Indonesia pada abad ke-19 seperti Kartini, Martha Christina Tiahahu, Cut Nyak Meutia, Maria Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Ahmad Dahlan, Rasuna Said, dan sebagainya. Kongres dimaksudkan untuk meningkatkan hak-hak perempuan di bidang pendidikan dan pernikahan.

Indonesia juga merayakan Hari Kartini pada 21 April, untuk mengenang aktivis wanita Raden Ajeng Kartini. Ini merupakan perayaan terhadap emansipasi perempuan.[6] Peringatan tanggal ini diresmikan pada Kongres Perempuan Indonesia 1938.[8] Pada saat Presiden Soekarno menetapkan Kartini sebagai pahlawan nasional emansipasi wanita dan hari lahir Kartini sebagai memperingati hari emansipasi wanita nasional. Tetapi banyak warga Indonesia yang memprotes dengan berbagai alasan diantaranya Kartini hanya berjuang di Jepara dan Rembang, Kartini lebih pro Belanda daripada tokoh wanita seperti Cut Nyak Dien, dll. Karena Soekarno sudah terlanjur menetapkan Hari Kartini maka Soekarno berpikir bagaimana cara memperingati pahlawan wanita selain Kartini seperti Martha Christina Tiahahu, Cut Nyak Meutia, Maria Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Ahmad Dahlan, Rasuna Said, dll. Akhirnya Soekarno memutuskan membuat Hari Ibu Nasional sebagai hari mengenang pahlawan wanita alias pahlawan kaum ibu-ibu dan seluruh warga Indonesia menyetujuinya
Lirik

Hymne Hari Ibu

Sekuntum Melati Lambang Kasih Nan Suci
Ibu Indonesia Pembina Tunas Bangsa
Berkorban, Sadar Cita Tercapai Dengan Giat Bekerja
Merdeka Laksanakan Bhakti Pada Ibu Pertiwi
Wanita Indonesia Sebagai Ibu Bangsa
Insan Pembangunan Mitra Sejajar Pria
Merdeka Melaksanakan Dharma Tuk Mencapai Cita-Cita
Indonesia Nan Jaya Adil Makmur Merata

Lagu Mars Hari Ibu

Merdeka Melaksanakan Dharma Perlambang Tekad Kaum Wanita
Bahu Membahu Dengan Kaum Pria Mencapai Kemerdekaan Bangsa
Mempersiapkan Generasi Muda Jadi Penrus Perjuangan Bangsa
Bulan Desember Dua Puluh Dua Tahun Dua Puluh Delapan
Awal Kesatuan Grak Wanita Indonesia Meningkatkan Pran Wanita Jadi Tekad Kita
Menjadi Mitra Sejajar Pria Dalam Pembangunan Bangsa
Hari Bu Indonesia Pembangkit Semangat Juang Kita 

Berikut ini adalah link download lagu Hymne Hari Ibu dan Mars Hari Ibu

"Orang biasa yang sedang belajar, dan ingin berbagi pengalaman"

Tinggalkan Coretan, Terima Kasih Kunjungannya Mas Bro dan Mbak Bray
EmoticonEmoticon