Ini Dia Rincian Formasi Penerimaan CPNS Tahun 2016

Advertisement
Sedekah Ilmu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) ‎membuka 81 ribu lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Tahun 2016. Dari total kuota tersebut ada beberapa Formasi yang mendapatkan kuota lebih besar, yaitu Formasi bidang kesehatan yang mencapai lebih dari 53% dari total formasi.

tahun ini, pemerintah menerima pengajuan kebutuhan pegawai mencapai 150 ribu orang, namun setelah melakukan koordinasi dengan Kemenkeu, hanya disetujui sekitar 81 ribu orang. Tahun ini pemerintah membuka formasi CPNS dengan memprioritaskan bidang yang selaras dengan program Nawa Cita, diantaranya bidang pendidikan, kesehatan dan penegakkan hukum.

Untuk besarnya jumlah formasi pada masing-masing bidang, gambarannya adalah sebagai berikut :
  • 11 ribu formasi diperuntukkan bagi lulusan sekolah kedinasan
  • 43 ribu formasi diperuntukkan untuk bidang kesehatan meliputi tenaga dokter, perawat dan bidan
  • 3 ribu diperuntukkan bagi guru lulusan sarjana dan berada di pulau-pulau terluar dan tertinggal (garis depan)
  • 2 ribu formasi diperuntukkan bagi guru honorer yang juga berada digaris depan
  • 22 ribu diperuntukkan bagi bidang-bidang yang yang sangat membutuhkan, yaitu yang sesuai dengan program Nawa Cita diantaranya penyuluh pertanian, ahli tata kota dan maritim, dan bagi intansi lainnya seperti LIPI, Batan dan Kemenkumham. 
Menteri Yudhi C

Menpan Yudhi Chrisnandi mencontohkan, untuk tenaga pengamanan (Sipir) Lapas dan Rutan, saat ini sangat kurang, kondisi Lapas dan Rutan yang Overload  menjadi salah satu prioritas dibutuhkannya tenaga SDM guna memperlancar tupoksi.

khusus bagi pelamar umum, Menpan juga memprioritaskan sekitar 1000 Formasi bagi pelamar umum yang berasal dari mahasiswa berprestasi. pelaksanaan perkerutan kemungkinan akan dilaksanakan bulan Agustus.

Disadur dari liputan6.com

"Orang biasa yang sedang belajar, dan ingin berbagi pengalaman"

Tinggalkan Coretan, Terima Kasih Kunjungannya Mas Bro dan Mbak Bray
EmoticonEmoticon