Cara Gampang Menghapus Aplikasi China Tencent QQ

Advertisement
Sedekah Ilmu, Assalamu Alaikum pembaca, lama rasanya saya tidak update artikel dalam blog ini. kebetulan hari ini, saya ingin berbagi pengalaman  menghapus program Tencent QQPcmgr berbahasa cina, program tersebut secara tidak sengaja terinstall di komputer kerja saya, maklum komputer saya terkoneksi ke Internet, dan terkadang banyak user yang menggunakan komputer tersebut.

Program Tencent QQPcmgr awalnya adalah sebuah program pengirim pesan, yang kemudian berkembang dan memiliki banyak layanan seperti program permainan, pengunduhan, hewan peliharaan dan lain-lain. program ini sangat populer di negara cina / Tiongkok Daratan. Saya lebih suka menyebut program ini sebagai adware dan mengkategorikannya sebagai program pengganggu. Fitur-fitur dalam program ini akan menyusup dalam browser, dan dalam program lainnya. Ketika terkoneksi ke Internet, dalam beberapa sesi akan muncul iklan, atau akan muncul notifikasi dalam bahasa china.
Aplikasi Tencet QQ

Dikarenakan seringnya muncul notifikasi yang saya juga gag bisa membaca dan mengartikannya, program ini sangat menghambat pekerjaan saya, terlebih jika kita salah mengklik notifikasi maka akan muncul penambahan fitur dari aplikasi ini. karena saya merasa tidak nyaman maka saya memutuskan menghapus program tersebut, dari beberapa kali percobaan penghapusan, saya mengalami kegagalan, namun pada penghapusan program yang terakhir saya berhasil meskipun saya merasa belum seratus persen semua file dan registry-nya terhapus. namun aplikasi tersebut hilang dari layar PC saya dan tidak lagi muncul notifikasi dari Tencent QQPcmgr. Bagi pembaca yang mengalami hal tersebut dan kesulitan menghapus aplikasi, bisa mencoba cara berikut :
  1. Gunakan program Malwarebytes Anti-Malware, lakukan scan computer, dan hapus semua file yang terdeteksi sebagai ancaman. (saya tidak berhasil menggunakan cara ini)
  2. Gunakan aplikasi ADWCleaner, scan komputer dan hapus file yang terdeteksi mengalami infeksi virus (cara ini hanya berlaku sementara, ketika di restart program Tencent QQPcmgr akan muncul kembali)
  3. Uninstall Program Tencent, masuk ke drive C/program file kemudian cari folder tencent dan cari file Uninst dalam folder tersebut, klik dua kali, kemudian klik tombol sebelah kiri bawah, cek list ketiga kotak yang muncul, jika berhasil maka anda akan melihat proses uninstal aplikasi tersebut (cara ini tidak berhasil di komputer saya, namun beberapa orang berhasil melakukannya.)
  4. Hapus regitry program Tencent, caranya ketik regedit di kolom run, enter dan anda akan masuk ke halaman Registry editor, tekan tombol Ctrl + F, dan ketikkan Tencent atau QQ kemudian enter, hapus file register yang mengandung register tencent.
  5. Gunakan program IObit Unlocker, anda bisa mendownloadnya melalui link ini http://www.freenew.net/windows/iobit-unlocker-1-0/68837.htm. IObit Unlocker saya gunakan sebagai cara terakhir karena keempat cara sebelumnya tidak berhasil secara tuntas. cari folder tencent di program file, seret / drag folder Tencent menggunakan cursor ke aplikasi Iobit Unlocker, kemudian pada opsi unlock pilih Unlock & Delete tunggu hingga prosesnya selesai, cara ini berhasil menghilangkan program tencent QQPcmgr dari PC saya, gunakan aplikasi adwcleaner untuk membersihkan sisa register dan file lainnya dari program tersebut.
Selamat mencoba

"Orang biasa yang sedang belajar, dan ingin berbagi pengalaman" Orang yang nggak hobby membaca apalagi menulis, tetapi berharap menjadi orang pinter

2 komentar

om bujo lamo tak jumpo, malah ngasi info, makasih ya om hehehe

Hehe kang oim, iya lama vakum.. wah skrg niche blog sampean ganti yah.. udh pake domain TLD hehe keren

Tinggalkan Coretan, Terima Kasih Kunjungannya Mas Bro dan Mbak Bray
EmoticonEmoticon