Cara Mudah Download Dan Update Driver Komputer

Advertisement
Sedekah Ilmu, - Adakalanya komputer atau Laptop yang kita gunakan mengalami masalah, jika masalah terjadi pada software atau hardware, biasanya akan berpengaruh juga pada kinerja komputer, entah jadi lemot, ngehank, bahkan samapi mati total. Solusinya segera diperbaiki ke tukang servis, baik yang resmi maupun non resmi. nah, jika masalah kerusakan terjadi pada software, solusi yang paling cepet dan instan adalah menginstall ulang sistem operasi (OS) komputer/laptop, selain gag ribet, cara ini juga dapat mengembalikan komputer/laptop ke setelan default seperti saat dibeli pertama kali. nah, masalah yang sering terjadi, terkadang saat kita melakukan install ulang, kita tidak memiliki lagi CD Driver asli komputer tersebut, solusinya yah minjem atau kalo nggak kita harus mencari drivernya di internet alias musti download.

Bagi orang awam, pekerjaan mencari driver adalah hal yang njelimet dan membuat kepala pening, udah ke warnet download banyak driver, eh gag taunya gag cocok alias gag kompatibel dengan komputer, cara yang paling mudah agar kita gag kerja dua kali, berikut tipsnya :
  1. Catat merek, seri dan model komputer/Laptop
  2. Ketahui juga jenis sistem operasi yang kamu gunakan, misalkan windows XP, 7 32-bit, windows 7 64-bit, windows 8 dan lain-lain, caranya masuk klik kanan my computer pilih propertis
  3. Kunjungi website resmi perusahaan sesuai dengan merk komputer/laptop dan download drivernya sesuai dengan seri dan model yang kamu miliki, sesuaikan juga dengan OS yang kamu gunakan.
Download Driver Komputer

Namun dari pengalaman saya, terkadang setelah saya menginstal ulang komputer, dan mendowload driver dari website resminya, driver tersebut ternyata tidak kompatibel dengan komputer dan OS yang saya gunakan, padahal tipe driver sesuai dengan tipe OS dan hardware yang terpasang di Komputer. masalah tersebut bisanya muncul dikarenakan OS yang kita gunakan bukan OS asli alias bajakan. Solusinya, usahakan kamu punya koneksi internet, karena dengan koneksi internet kamu akan dengan mudah mendownload dan menginstal driver secara online/langsung, dan pastinya secara otomatis sesuai dengan OS dan hardware komputer. Berikut pengalaman saya menyelesaikan permasalahan tersebut :
  1. Download dan Install terlebih dahulu Driver Wifi / wireless, karena setelah berhasil saya bisa langsung online menggunakan komputer tersebut. Jika driver wifi juga tidak dikenali, sobat harus menggunakan driver dan hardware tambahan, seperti wireless usb untuk digunakan sebagai koneksi internet.
  2. Downlaod software driver update pihak ketiga fungsinya akan digunakan untuk melakukan scan otomatis kemudian mendownload driver yang sesuai dengan OS dan hardware komputer yang saya pakai. Sobat dapat download Driver Booster 3 versi free.
  3. Instal dan jalankan Driver Booster 3, klik scan untuk memindai driver yang belum terinstall ataupun driver yang sudah usang (belum diupdate)
  4. Klik update di pojok kanan atas jika ingin mendownload dan melakukan update driver secara keseluruhan, namun jika koneksi internet sobat lambat, pilih update disisi kanan nama driver yang belum terinstall atau terupdate.
  5. Jika sudah selesai mendownload dan menginstall, restart komputer.
Pengalaman saya setelah melakukan ini, seluruh driver komputer jadi up to date. Tampilan maupun kinerja komputer pun jadi lebih optimal.

Sekian sharing pengalaman dari saya.

"Orang biasa yang sedang belajar, dan ingin berbagi pengalaman"

Tinggalkan Coretan, Terima Kasih Kunjungannya Mas Bro dan Mbak Bray
EmoticonEmoticon