Solusi Ditolak Adsense Karena Situs Tidak Sesuai Mutu Webmaster

Advertisement
Sedekah Ilmu, Ditolak, adalah salah satu hal yang membuat orang jadi sakit, kecewa, puyeng bahkan kadang bisa bikin frustasi dan hampir pingsan.. Nah, ngomongin masalah penolakan, kali ini saya akan sedikit membahas masalah penolakan dari Google Adsense, karena Konten tidak memadai. Kalo sobat pernah melamar menjadi publisher GA, dan sampai detik ini selalu mendapat penolakan, maka segeralah mempelajari isi penolakan dari GA.

GA tidak selalu merinci alasan penolakan, namun dalam setiap penolakannya GA menyertakan alasan utama, biasanya alasan utama penolakan GA adalah, Konten tidak memadai, situs tidak memenuhi kebijakan GA dan mutu webmaster, selain penolakan GA juga akan memberikan saran, agar sobat melakukan perbaikan konten situs yang sesuai dengan kebijakan GA dan pedoman mutu webmaster. Apakah anda mengetahui bagaimana standard mutu webmaster ? Rata-rata blogger akan sedikit kebingungan menjawabnya, jika anda termasuk orang yang masih kebingungan menjawabnya, berarti kita sama. Tapi tunggu dulu, tidak mengetahui berarti kita punya peluang suatu saat akan tau, karena awalnya saat ingin menjadi publisher GA sayapun pernah ditolak mentah-mentah, namun toh akhirnya sayapun diterima melamar si Adsense.

Bangun situs
Jika sobat pernah ditolak saat mendaftar adsense karena alasan mutu, sobat tidak usah bingung, untuk memperbaikinya tidak perlu sobat melakukannya dengan terburu-buru, lakukan perbaikan konten situs dengan santai. Sebenarnya bagi saya pribadi hal tersebut cukup sederhana, jika sobat ingin senantiasa berada dalam kriteria mutu yang diinginkan atau sesuai google webmaster, maka jangan pernah melakukan hal hal yang aneh dan anda tidak ketahui, jangan cuma sekedar ingin blog sobat terlihat keren tetapi sobat tanpa sadar telah melanggar kebijakan mutu webmaster, lakukan hal-hal berikut untuk memperbaikinya :

  1. Buat blog dengan tema standar milik blogger
  2. Jangan pernah menambahkan script tambahan dan memodifikasi script template yang anda tidak mengerti fungsinya
  3. Tambahkan widget standar dari blogger, misalkan popular post, label, google plus, recent post dll
  4. Daftarkan blog pada google analytic
  5. Daftarkan blog pada search engine google Google Webmaster tool
  6. Jangan pernah membuat link aktif ke web lain, ataupun link internal ke halaman atau konten blog anda
  7. Jangan pernah memasang atau mempromosikan link ke medsos selain milik google, biarkan blog sobat mendapatkan kunjungan organik dari mesin pencari
  8. Lengkapi blog sobat dengan navigasi yang jelas, seperti info kontak, label, peraturan pembaca, disclaimer dan lain-lain
  9. Buat artikel yang ramah dan original, jangan pernah membuat artikel hasil copy paste, ataupun justru membuat konten yang dilarang.


Nah, setelah sobat melakukan hal-hal diatas, cobalah bersabar, fokus untuk membuat artikel yang bermanfaat, jangan terburu-buru untuk mendaftarkan kembali ke GA, biarkan keseluruhan artikel sobat terindeks oleh Google, sobat bisa melihatnya melalui status pengideksan di Google webmaster, usahakan membuat artikel yang panjang, dan original.

Dengan melakukan hal-hal tersebut diatas, blog sobat telah masuk pada kriteria pedoman mutu webmaster. Jika sobat ingin mendaftarkan blog ke GA, usahakan umur Blog minimal 6 bulan, meskipun pada beberapa kasus, blog yang baru berumur 2 bulan dapat diterima. Ingat, ikuti standar dari Google jika sobat tidak ingin nerasakan penolakan uang kesekian kali, hindari melakukan modifikasi baik template, widget ataupun hal lainnya yang tidak sesuai dengan standar Google.
Demikian pengalaman saya, Semoga anda sukses.

"Orang biasa yang sedang belajar, dan ingin berbagi pengalaman"

10 komentar

Jadi saya harus menggunakan template default Blogger ya Mas? Terus apa lagi hal yang kurang dari Blog saya? Mohon bantuannya.

Nampaknya sobat adh memasang ads di blog sobat dengan ads selain GA, coba lepas dulu ads tersebut, biarkan bberapa waktu dan teruslah menulis artikel, stalh itu sipahkan daftar kembali ke GA

Di sini kau rupanya ! Akhirnya Ketahuan Juga (Libra)

Bagaimana dengan blog konten Bahasa Inggris? Cukupkah 10 artikel untuk daftar? Ketika reviewe konten bertambah menjadi 20 sampai full approve?

Sulit utk mengatakan bisa atau tidak, terkadang review dari GA sangat unik dan sedikit membingungkan. semua tidak bsia diukur tentang kuantitas jumlah artikel, namun pengalaman dr para publisher GA rata-rata diatas 50 artikel.

Review kedua Google AdSense sekarang kok lama sekali ya? Semua orang pada digantung, saya sendiri sudah lebih dari 2 minggu.

Klo yg satu ini sy jg blm bisa menjawab, krn banyak teman teman yg sdh lama berkecimpung di GA jg mengalami hal yg sama.. bahkan ada yg telah menunggu 3 bulan review kedua

Sebelumnya, terimakasih atas artikelnya gan, sangat membantu, nanti saya coba terapkan di blog saya :)

Sebagai referensi, jika berkenan, silahkan baca panduan yang saya buat, berikut daftarnya:
Mengenal Perbedaan Akun Adsense Hosted dan Non-Hosted!
Cara Upgrade Akun Hosted Menjadi Non-Hosted: Lengkap
Cara Verifikasi PIN Google Adsense Menggunakan KTP
Mengatasi Penolakan Google Adsense: Navigasi Situs Sulit
Barangkali dapat membantu :)

Terimakasih banyak mas infonya.oya mas bisa minta saranya?saya sudah dua kali daftar adsense.yang pertama di tolak.setelah saya cek ternyata tidak memiliki menu laman about,contac,privacy,dll.lalu saya perbaiki dan mencoba daftar kembali sekitar 3 hari lalu.di tolak dengan alasan mutu web dan trafic,memang sembelumnya saya sering membagikan link ke halaman fb blog saya.apa itu kesalahnya? Atau ada kesalahan lainya?jujur begitu di tolak rasanya patah semangat.tolong solusi dan koreksinya,semoga pencarian jawaban prtnyaan saya berkhir di sini dan ada jawabanya.ini blog saya carawhy*blogspot*co*id atas bantuanya saya ucapkan terimakasih oya apa emang harus gunakan teamplate bawaan blogger?

Dulu sewaktu mendaftar adsense sy jg tidak memiliki halaman about dll. Namun seiring berjalannya waktu, GA nampaknya lebih selektif memilih calon publishernya, halaman about dll merupakan salah satu nilai tambah bagi tingkat mutu blog. Memiliki halaman about dll berarti anda menyajikan navigasi dan informasi yg jelas bagi pengunjung. Banyak para master dibidang adsense menyarankan kita memakai template bawaan dr blogger, krn template basaan merupakan template yg masih asli dan jelas memiliki reputasi yg baik krn dimiliki dan dipublikasikan oleh google/blogger. Strukturnya masih asli tanpa embel embel lainnya. Silahkan coba rubah menggunakan template bawaan dan lakukan update artikel secara rutin saat blog anda dalam masa peninjauan/review oleh google

Tinggalkan Coretan, Terima Kasih Kunjungannya Mas Bro dan Mbak Bray
EmoticonEmoticon