Obati Luka Dan Demam Dengan Tanaman Bandotan

Advertisement
Sedekah Ilmu, Mungkin anda pernah mengalami luka terbuka pada kulit tubuh saat kamping dan berada jauh dari rumah bahkan jauh dari puskesmas dan rumah sakit. Hal yang pertama kali dilakukan biasanya adalah dengan membungkus luka agar darah tidak mengucur, hal tersebut sudah selayaknya memang dilakukan sebagai langkah awal sebagai pencegahan semakin parahnya luka. Dan mungkin Informasi berikut akan membantu anda saat mengalami hal tersebut dikemudian hari.

Jika suatu ketika anda, keluarga dan teman anda mengalami luka saat melakukan camping atau kegiatan lainnya, namun saat itu tidak membawa obat, anda tidak perlu panik, segera lakukan tindakkan pertolongan pertama. Jika terjadi luka yang besar segeralah hentikan pendarahan dengan mengikat bagian urat nadi yang mengarah ke luka, anda dapat mengunakan sobekan kain baju atau sejenisnya, dan segeralah mencari pertolongan ke rumah warga atau dengan mencari puskesmas dan rumah sakit terdekat. Namun jika luka yang dialamai tidak terlalu parah, manfaatkan tumbuhan disekitar anda sebagai pengobatan pertama agar luka dapat segera diobati dan tidak menimbulkan infeksi. Salah satu tanaman yang dapat anda gunakan sebagai obat luka adalah bandotan atau wedusan. 

Tanaman Bandotan

Bandotan atau Wedusan mempunyai nama latin Ageratum Conzoides angota suku Asteraceae, dikategorikan sebagai tanaman gulma / pengganggu dalam pertanian, karena sering tumbuh diantara tanaman pertanian, selain itu tanaman ini juga banyak tumbuh diantara semak belukar. Bandotan dapat tumbuh subur di iklim tropis dan sub tropis. Untuk dapat memanfaatkan tanaman ini sebagai obat luka caranya adalah sebagai berikut :

Tumbuk daun dan batang bandotan kemudian campurkan dengan sedikit minyak goreng, dan dioleskan pada luka, atau anda juga bisa mencampurkannya dengan kapur yaitu dengan meremas-remas daun bandotan dengan kapur dan mengoleskannya pada luka yang terbuka. Selain itu, bandotan juga dapat mengobati sakit dada, yaitu dengan menggunakan air rebusan untuk mengkompres bagian dada yang sakit, Rebusan dari daun juga digunakan untuk obat sakit dada, semnatara itu akar tanaman ini juga dapat digunakan sebagai obat demam, yaitu dengan mengkompres tubuh dengan ramuan akar yang telah ditumbuk.

"Orang biasa yang sedang belajar, dan ingin berbagi pengalaman"

Tinggalkan Coretan, Terima Kasih Kunjungannya Mas Bro dan Mbak Bray
EmoticonEmoticon