Awar-Awar Mampu Hilangkan Kutil Dan Sembuhkan Diare

Advertisement
Sedekah Ilmu, - Tanaman Awar-Awar (Ficus septica) adalah tanaman yang banyak tumbuh disemak belukar, tanah kosong seperti kebun dan halaman rumah, biasanya juga banyak dijumpai di samping atau belakang rumah penduduk di desa, tanaman ini mempunyai buah sebesar kelereng dan berwarna hijau, dulu para orang tua dikampung melarang para anaknya untuk tidak memetik buah awar-awar dan mengatakan bahwa buah tersebut adalah makanan ular. Hal tersebut dilakukan para orang tua agar anak-anak tidak memetik dan memakan buah awar-awar yang dikenal mempunyai getah yang cukup banyak, karena getah awar-awar dapat menyebabkan kulit sehat menjadi gatal dan berkoreng. Dibeberapa daerah awar-awar mempunyai sebutan yang berbeda-beda diantaranya, Tobotobo (Makasar); Sirih popar (Ambon) Tagalolo, Bei, Loloyan (Minahasa); Ki ciyat (Sunda); Awar awar (Jawa) ; Bar-abar (Madura); Awar awar (Belitung); Dausalo (Bugis); Bobulutu Tobotobo (Makasar); (Halmahera Utara); Tagalolo (Ternate).
Tanaman Awar-Awar
Tanaman Awar-Awar

Kandungan Zat Tanaman Awar-Awar
Tanaman awar-awar menurut hasil penelitian dari Universitas Gajah Mada (UGM) mengandung zat-zat sebagi berikut : flavonoid genistin dan kaempferitrin, kumarin, senyawa fenolik, pirimidin dan alkaloid antofin, 10S,13aR-antofin N-oxide, dehidrotylophorin, ficuseptin A, tylophorin, 2-Demetoksitylophorin, 14α-Hidroksiisotylopcrebin N-oxide, saponin triterpenoid, sterol (Wu et al., 2002 cit Lansky et al., 2008, Yang et al., 2005, Damu et al., 2005). Akar mengandung sterol dan polifenol (Hutapea, 1991). Alkaloid yang terkandung pada batang antara lain adalah fenantroindolisidin (ficuseptin B, ficuseptin C, ficuseptin D, 10R,13aR-tylophorin N-oxide, 10R,13aR-tylocrebrin N-oxide, 10S,13aR-tylocrebrin N-oxide, 10S,13aR-isotylocrebrin N-oxide, dan 10S,13aS-isotylocrebrin N-oxide (Damu et al., 2005). Daun dan akar mengandung stigmasterol dan β-sitosterol. Daun dan batang mengandung alkaloid isotylocrebin dan tylocrebin (Wu et al., 2002 cit Lansky et al., 2008) sumber : http://ccrc.farmasi.ugm.ac.id/?page_id=67
Ternyata tanaman awar – awar mempunyai banyak manfaat, salah satunya manfaat bagi kesehatan, yaitu mampu mengobati berbagai jenis penyakit, baik penyakit dalam maupun luar. Dari beberapa penelitian, didapatkan manfaat awar-awar, diantaranya : sebagai obat Rematik, sakit kepala, batuk, pilek, demam, kutil, bisul, herpes, kurap, sesak nafas, gigitan ular berbisa, infeksi saluran kemih dan disebut juga mampu membunuh sel kanker.

Baca juga : Jenis Tanaman Apotik Hidup Dan Manfaatnya

Menghilangkan Kutil
Ambil beberapa tetes getah tanaman awar-awar, teteskan pada kutil diamkan sekitar 2 jam dan jangan terkena air, setelah itu cuci hingga bersih sambil menggosok kutil, lakukan setiap pagi dan sore, in sya Allah kutil akan hilang dalam 3-4 hari.

Mengobati Bisul 
Ambil 3-5 lembar daun awar-awar, tumbuk hingga halus, dan tambahkan sedikit garam, gunakan ramuan tersebut untuk mengompres bisul, lakukan secara rutin pagi dan sore selama 3-5 haria

Mengobati Sesak Nafas dan Diare
Ambil beberapa lembar daun awar-awar, rebus dengan air, setelah air rebusan berkurang setengah, saring air rebusan kemudian diminum dan lakukan secara rutin

Ramuan yang saya sebutkan diatas, adalah sebagian kecil manfaat dari tanaman awar-awar, jika anda mempunyai referensi lainnya tentang manfaat dan khasiat tanaman awar-awar silahkan menuliskannya dalam kolom komentar, dan semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Jika anda ingin menggunakan tanaman awar-awar sebagi obat traditional, sebaiknya anda mengetahui kondisi kesehatan tubuh anda, apakah tubuh anda alergi terhadap zat yang terkandung dalam tanaman awar-awar.
sumber : wikipedia, vemale.com, farmasi.ugm.ac.id

"Orang biasa yang sedang belajar, dan ingin berbagi pengalaman"

2 komentar

wah baru tau nih saya, terimakasih untuk artikelnya, menambah wawasan dan tentunya sangat bermanfaat..

Tinggalkan Coretan, Terima Kasih Kunjungannya Mas Bro dan Mbak Bray
EmoticonEmoticon