Pilih Dan Hindari Jenis Makanan Dan Minuman Ini Saat Berbuka Puasa

Advertisement
Sedekah Ilmu, Saat seseorang melakukan puasa, tubuh akan sedikit mengalami kekurangan zat dan mineral yang dibutuhkan dalam tubuh, kekurangan zat dan mineral tersebut akan mempengaruhi kinerja tubuh manusia, meskipun demikian, berpuasa dengan rutin dan melakukan sahur dan buka dengan menu yang sehat memberikan efek yang positif bagi kesehatan tubuh. Tahukah anda, para ahli kesehatan menyatakan bahwa seseorang yang berpuasa jauh lebih sehat dibandingkan yang jarang berpuasa, tubuh seseorang yang berpuasa berpeluang lebih besar sel dalam tubuhnya melakukan rekonstruksi sel-sel dalam tubuh, selain itu juga  berpuasa dapat membangun sistem kekebalan, sistem pencernaan, sistem reproduksi, dan masih banyak lagi.

Jika anda sedang menjalankan Ibadah puasa dan ingin mendapatkan amal kebaikan sekaligus manfaat positif untuk tubuh anda, sebaiknya anda perlu mengetahui cara memilih menu yang anda konsumsi saat berpuasa, khususnya saat berbuka puasa.

Hindari Mengkonsumsi minuman dingin saat berbuka
Sata tubuh kekurangan cairan akrena berpuasa, rasanya ingin segera menikmati segelas air dingin / es untuk mengobati dahaga dan mengganti cairan dalam tubuh, sayangnya mengkonsumsi air dingin / Es saat berbuka puasa berdampak tidak baik pada tubuh.

Seperti dikutip dari CNN hal tersebut disampaikan Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, dokter dari Divisi Gastroenterologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSUPN Cipto Mangunkusumo “Suhu tubuh normal itu 37 derajat Celsius,” 

Hindari Makanan Pedas Saat berbuka
Menurut dr Ari, ketika Anda mengonsumsi es atau minuman dingin saat buka puasa, tubuh akan melakukan penyesuaian suhu lebih lama dibanding biasanya. Kondisi tersebut bisa membuat tubuh lebih lama mendapatkan energi, apalagi dalam kondisi perut kosong setelah berpuasa seharian.

“Sebaiknya minum air yang tidak panas tapi juga tidak dingin. Hangat-hangat kuku,” kata dr Samuel Oetoro, MS, Sp.GK, dokter spesialis gizi klinik dari Siloam Hospital, saat dihubungi terpisah.

Lantas benarkah minum es saat buka puasa bisa memperlambat kerja sistem metabolisme? “Tidak begitu,” kata Samuel membantah.

Hindari Mengkonsumsi Minuman Bersoda Saat berbuka puasa
Sepertinya mengkonsumsi minuman dingin saat berbuka nampaknya cukup menggoda untuk segera mengobati dahaga, namun tahukah anda, jika minuman bersoda sangat berbahaya diminum saat berbuka puasa karena mengandung zat-zat yang membahayakan ginjal seperti asam fosfat, sodium, pemanis buatan, Kafein, Fruktosa. Zat-zat tersebut menyebabkan sakit diare, gastroenteritis, dehidrasi, masalah ginjal, bahkan kanker. 

Hindari Mengkonsumsi Makanan Asam Dan Pedas
Anda harus tau, saat berpuasa lambung dalam keadaan kosong, saat anda mengkonsumsi makanan yang terlalu Asam atau pedas, lambung yang kosong akan memberikan reaksi, bahkan akan menyebabkan naiknya asam lambung bahkan menyebabkan luka pada lambung. Tapi bukan berarti anda dilarang mengkonsumsinya, jika perut anda sudah terisi makanan lain yang mengandung karbohidrat dan lambung sudah dalam keadaan normal anda bisa mengkonsumsi makanan asam maupun pedas dengan porsi yang tidak berlebihan.

Setelah anda tahu makanan yang harus hindari saat berbuka pausa, kini saatnya anda tahu jenis makaanan yang baik dikonsumsi saat berpuasa menurut Dr. Nadia Octavia

Makanan yang baik dikonsumsi saat sahur
  • Buah dan sayuran
Makanan yang kaya akan serat seperti buah dan sayur penting karena dapat meningkatkan perasaan kenyang dan dapat pula mencegah konstipasi atau sulit buang air besar (BAB). Selain itu, buah dan sayur juga mengandung vitamin, mineral dan fitokimia yang penting bagi kesehatan
  • Nasi atau penggantinya
Makanan yang mengandung karbohidrat dan kaya serat seperti nasi merah dan roti gandum membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga membantu memberikan cadangan energi
  • Daging atau penggantinya
Daging ayam tanpa kulit, ikan dan produk olahan susu rendah lemak merupakan sumber protein yang baik dan membatasi asupan lemak Anda. Selain itu juga dapat memperbaiki dan membentuk jaringan tubuh dan sistem kekebalan tubuh. Mengkonsumsi produk olahan susu yang tinggi kalsium dapat menjaga kekuatan tulang.

Makanan yang baik dikonsusmsi saat berbuka
  • Serat
    Biasanya saat bulan Ramadan, kurma dikonsumsi sebagai simbolis saat berbuka puasa. Selain merupakan sumber energi yang baik, kurma juga kaya akan potassium yang dapat membantu fungsi otot dan saraf agar bekerja dengan baik. Tetapi, hati-hati juga agar jangan mengkonsumsi kurma terlalu banyak karena kurma tinggi akan gula.
  • Karbohidrat
    Roti gandum, nasi merah atau mi yang terbuat dari gandum merupakan karbohidrat kompleks yang dapat memberikan tubuh energi, serat dan mineral. Jika dibandingkan dengan makanan tinggi gula atau dessert yang dibakar lebih cepat.
  • Protein
    Sumber protein tinggi seperti ayam (tanpa kulit), ikan, telur atau kacang-kacangan dapat dipilih sebagai menu berbuka puasa. Untuk menjaga makanan Anda tetap sehat, batasi penggunaan minyak dan beralih ke rebus-rebusan, bakar atau panggang. Saat memilih minyak, pilihlah minyak yang tinggi akan lemak tak jenuh

"Orang biasa yang sedang belajar, dan ingin berbagi pengalaman"

2 komentar

wah terimakasih tips info sehatnya mas, sangat membantu sekali...

sama - sama mas/mbak.. terima kasih atas kunjungannya

Tinggalkan Coretan, Terima Kasih Kunjungannya Mas Bro dan Mbak Bray
EmoticonEmoticon