Cara Tepat Memilih Template Blog

Advertisement
Sedekah Ilmu, Assalamu Alaikum sobat.. kali ini saya akan berbagi Tips Memilih Template Blog yang baik. Template blog itu diibaratkan sebagai sebuah rumah tempat tinggal, untuk membuat rumah menjadi nyaman, tentunya perlu mengetahui cara menata rumah, memilih  warna cat rumah, serta menyusun dan meletakkan perabot dalam rumah. nah, semua itu tergantung kepada sang pemilik/pengelola, rumah yang nyaman tentunya akan membuat penghuni rumah merasa betah, begitu juga pada tamu yang datang, mereka akan selalu ingin kembali lagi berkunjung ke rumah kita.

Nah, saya akan berbagi cara memilih template blog yang baik agar para pengunjung merasa nyaman di blog kita

Pilihlah template blog yang reponsif, yaitu template blog yang secara otomatis akan menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan untuk mengakses blog tersebut, misalkan diakses melalui dekstop, smartphone dan perangkat seluler. kenapa demikian, template responsif telah dikembangkan oleh para blogger profesional, sebagai upaya mengikuti kemajuan teknologi, template dapat mengikuti perangkat yang digunakan, baik lebar, tampilan, maupun susunan widget. Bahkan, saat ini google telah mengumumkan bahwa tampilan mobile friendly atau responsif berpengaruh pada peringkat di mesin penelusuran google / google search engine. jika sobat belum menggunakan template responsif , maka saya sarankan untuk segera beralih menggunakan template responsif, atau sobat dapat mengaktifkan tampilan seluler di pengaturan template blog. Dengan menggunakan template responsif maka dapat memudahkan para pengunjung mengakses blog milik sobat. gunakan tool yang disediakan oleh google untuk menguji situs mobile friendly dengan mengunjungi link https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/
Contoh Template Responsif
Contoh Template Responsif
Lakukan tes kecepatan loading template, sebelum menentukan pilihan menggunakan suatu template maka silahkan test terlebih dahulu kecepatan loading template tersebut, sobat dapat menggunakan tool dari google yaitu PageSpeed Insights dengan mengunjungi https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/ copy dan pastekan alamat url template yang ingin sobat gunakan, kemudian klik analisis. Kecepatan loading template secara tidak langsung akan berpengaruh pada jumlah visitor blog, karena blog yang mudah diakses tentunya akan memudahkan pengunjung mengakses blog, sedangkan blog yang berat untuk diakses, tentunya akan membuat pengunjung enggan membuka blog, karena butuh waktu yang lebih lama dan koneksi internet yang cepat untuk mengakses.

Lakukan test error susunan kode html, java script maupun css template blog, sobat dapat melakukan test dengan mengunjungi https://validator.w3.org/ untuk menguji validitas susunan html blog sobat. ikuti saran untuk memperbaiki setiap error yang dimunculkan.

Lakukan test search engine optimization atau SEO, sobat dapat mengetahui nilai atau score SEO suatu template dengan menggunakan tool CHKME, kunjungi https://chkme.com/, silahkan masukkan alamat url blog sobat kemudian klik Check SEO Score, nilai 80% adalah nilai standar, yaitu blog sobat dianggap bekerja baik, namun sobat dapat meningkatkan nilai blog dengan mengikuti beberapa saran dari hasil analisa situs tersebut. 

Pilihlah template yang simpel, namun mempunyai navigasi yang jelas, maksudnya sobat dapat memilih template yang terdiri dari header, sidebar kanan atau kiri,  footer, dan juga blog post dibagian tengah. dan dilengkapi dengan susunan menu yang jelas dan juga dilengkapi dengan widget search. karena sepengetahuan saya, google lebih menyukai template semacam ini, daripada template dengan jumlah kolom yang terlalu banyak dan rumit, khususnya bagi para blogger yang mengikuti program periklanan dari Google AdSense. Template yang simpel biasanya mempunyai kecepatan yang yang lebih baik ketika diakses, karena tidak membutuhkan waktu yang banyak merender script dalam template dikarenakan banyaknya kolom dan widget yang terpasang pada template.

Demikian artikel  Tips Memilih Template Blog, dengan memilih template blog yang tepat, maka kinerja blog akan lebih optimal.

"Orang biasa yang sedang belajar, dan ingin berbagi pengalaman"

4 komentar

Hmm, ribet gak gan bikinnya ?
http://goo.gl/S4oK7y

gag gan.. Banyak template responsive gratisan

oooo jadi seperti itu bos... template emang mending yang simpel aja. biar fast loading...

iya gan.. klo template terlalu banyak widget kecepatan loadingnya sedikit berkurang..

Tinggalkan Coretan, Terima Kasih Kunjungannya Mas Bro dan Mbak Bray
EmoticonEmoticon