Ternyata Jambu Air Bermanfaat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Advertisement
Sedekah Ilmu, - Siapa yang tidak tahu Jambu Air, buah segar dengan banyak kandungan air ini mudah di jumpai di wilayah tropis seperti Indonesia, Jambu air ternyata mempunyai banyak jenis, setiap jenis mempunyai ukuran, warna dan rasa yang berbeda - beda, ada yang manis dan juga asam, bahkan adapula jambu yang air yang bisa dikatakan mempunyai rasa netral, tidak manis dan tidak asam, orang jawa biasa mengistilahkan rasa netral tersebut dengan sepo atau gag ada rasanya.

Jambu Air mempunyai nama latin Syzygium aqueum, merupakan tanaman buah asli dari Asia Tenggara. Berbeda dengan kebanyakan pohon buah lainnya, pohon jambu air berbuah tak kenal musim, dapat berbuah sepanjang tahun. Buah ini sering dijadikan sebagai rujak, manisan dan juga dapat dinikmati secara langsung. Di daerah Jawa Barat, daun Jambu Air digunakan sebagai pembungkus tape ketan, pohon ini juga mempunyai jenis kayu yang keras, cocok sebagai bahan bangunan asalkan tidak bersentuhan langsung dengan tanah.

Jambu air
Ternyata Jambu Air mempunyai khasiat bagi kesehatan dan juga kecantikan, mungkin selama ini kebanyakan orang hanya memakan buah ini sebatas untuk memenuhi keinginan untuk menikmatinya semata, tanpa tahu manfaat dan khasiatnya. Pada awalnya saya pribadi juga tidak mengetahui manfaatnya, selama ini saya hanya menikmatinya jika memang kebetulan ada teman di kantor yang ngasih ke saya, karena di area halaman kantor tempat saya bekerja, tumbuh pohon Jambu air yang selalu berbuah sepanjang tahun. Nah bagi anda khususnya para wanita yang ingin mengetahui khasiat Jambu Air Bagi Kesehatan Dan Kecantikan, mungkin ulasan saya dibawah ini bisa memberikan tambahan pengetahuan.

                  Sehat dan Cantik dengan Asam Jawa

Manfaat jambu air untuk kesehatan
  1. Mencegah Dehidrasi, dehidrasi adalah kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan cairan yang menyebabkan tubuh menjadi lemas, memakan jambu air bisa mengatasi dehidrasi untuk sementara, karena jambu air diketahui banyak mengandung air.
  2. Meningkatkan kesuburan dan kesehatan sperma, buah jambu air banyak mengandung mineral, salah satunya vitamin C, vitamin tersebut dapat menjadi antioksidan dan menjaga kesehatan sel-sel dalam tubuh, selain itu vitamin C juga dapat menjaga kesehatyan sel-sel sperma pada pria.
  3. Mencegah Kanker, vitamin C dan Vitamin A yang terkandung dalam jambu air, dalam sebuah penelitian dikemukakan, bahwa dengan mengkonsumsi jambu air sebagai tambahan makanan diet, dapat mengurangi resiko terkena kanker prostat dan kanker payudara.
  4. Mencegah Diabetes atau kencing Manis, jambu air mengandung zat jenis alkaloid yang dinamakan Jambosine, jambosin dalam jambu air dapat dikeringkan dan dicampur dengan air minum setelah dihaluskan terlebih dahulu, fungsi Jambosine yaitu mengontrol kadar gula darah.
  5. Menurunkan kadar kolestrol, seseorang yang di dalam tubuhnya mengandung kolestrol yang berlebihan, beresiko lebih besar terkena serangan jantung, stroke dan jantung koroner, menurut hasil dari sebuah penelitian, serat dan mineral dalam jambu air dapat mengurangi jumlah kolestrol dalam tubuh.
  6. Melancarkan pencernaan, kandungan serat yang dimiliki buah jambu air memberi pengaruh terhadap proses pencernaan pada usus, tercukupinya serat dalam asupan makanan mampu melancarkan proses pencernaan makanan dan menghindarkan terkena sembelit, pada beberapa kasus, biji jambu air juga dapat digunakan dalam proses pengobatan diare / disentri.
Manfaat jambu air untuk kecantikan
Nah dari sekian banyak manfaat jambu air bagi kesehatan, mungkin inilah manfaat jambu air yang paling disukai oleh kaum wanita, yaitu untuk kecantikan.
  1. Mengencangkan Kulit dan terlihat lebih muda, jambu air mengandung kolagen, kolagen adalah zat yang dibutuhkan tubuh untuk regenerasi sel-sel kulit masti, dengan tercukupinya jumlah kolagen dalam tubuh, maka kulit anda akan terhindar dari kerutan dan keriput serta terlihat kencang dan elastis.
  2. Mencerahkan warna kulit, kulit kusam adalah sesuatu yang paling dihindari oleh kaum hawa, kulit kusam dapat disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya karena polusi udara, kurangnya menjaga kebersihan kulit serta kekurangan vitamin, salah satunya vitamin C.  Vitamin C dalam jambu air dapat membantu mencukupi kebutuhan Vitamin C dalam tubuh, tercukupinya vitamin C disertai dengan menjaga kebersihan tubuh akan membuat kulit terlihat cerah, khususnya pada bagian wajah.
  3. Kulit nampak bercahaya, kulit wajah yang nampak bercahaya mampu menarik pesona bagi siapa saja yang melihatnya, selnium yang terkandung dalam jambu air mampu melancarkan aliran darah, lancarnya aliran darah akan membuat kulit nampak bercahaya.
Sekarang, kita sudah tau, ternyata jambu air mempunyai manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan, jika ingin sehat dan juga cantik kita dapat memulai hari ini mengkonsumsi jambu air, namun tetap harus memperhitungkan jumlah yang akan dikonsumsi, rutin namun jangan berlebihan, sebelum menikmati buah jambu air, sebaiknya anda memeriksakan dan mengkonsultasikan terlebih kepada dokter ahli kesehatan dan kecantikan, karena dalam buah jambu air juga diketahui mengandung sedikit sianida.

Semoga artikel "Ternyata Jambu Air Bermanfaat Untuk Kesehatan dan Kecantikan"  bermanfaat bagi para pembaca. 

disadur dari berbagai sumber

"Orang biasa yang sedang belajar, dan ingin berbagi pengalaman"

Tinggalkan Coretan, Terima Kasih Kunjungannya Mas Bro dan Mbak Bray
EmoticonEmoticon