Mengoptimalisasi Iklan Google AdSense

Advertisement
Sedekah Ilmu, Optimalisasi adalah tindakan atau usaha menjadikan sesuatu hal menjadi lebih baik atau paling baik, Optimalisasi Iklan Google AdSense dimaksudkan sebagai upaya bagaimana membuat kinerja Iklan AdSense dalam situs kita bekerja lebih baik dan mendapatkan penghasilan yang maksimal.

Saya bukanlah ahli dalam bidang adsense, saya menuliskan artikel ini berdasarkan pengalaman saya sebagai publisher Google AdSense, saya hanyalah seorang publisher pemula yang baru belajar menjadi Publisher. Banyak cara bagaimana mengoptimalkan pendapatan dari menjadi Google AdSense, baik dari pemilihan dan penempatan iklan, menaikkan jumlah pengunjung, ataupun melalui optimasi SEO, baik Onpage maupun Offpage. Namun saya akan berbagi pengalaman saya mengoptimalisasi iklan Google Adsense dengan pemilihan jenis dan ukuran iklan serta penempatan iklan, meskipun Google sendiri telah memberikan anjuran dalam pemiihan jenis dan penempatan iklan.

Pertama, Ikutilah apa yang dianjurkan oleh google dalam hal pemilihan jenis ukuran iklan, tapi dengan tetap memperhatikan template kamu. Jenis ukuran iklan yang dianjurkan oleh google yaitu kotak besar 336x280, kotak sedang 300x250, spanduk utama 728x90, separuh laman 300x600, dan di seluler, spanduk seluler besar 320x100, untuk melihat iklan seluler, pilih iklan dengan logo icon seluler.

Kedua, Sesuaikan jenis iklan dengan template kamu, jika template kamu menggunakan warna latar belakang cerah, teks warna hitam dan teks tautan warna biru, maka gunakan pula iklan dengan gaya yang sama, jika template kamu mempunyai warna background dan teks yang bervariasi, maka gunakan warna iklan yang kontras, agar iklan kamu bisa lebih terlihat.

Ketiga, Gunakan tampilan jenis iklan teks dan gambar, untuk menyetel secara default keseluruhan iklan dalam iklan kamu silahkan masuk ke setelan, klik icon roda gigi disebelah kanan > setelan > tampilan iklan > pada Jenis Iklan pilih iklan teks & iklan bergambar kemudian simpan

Mengatur Jenis Iklan
Keempat, Tempatkan iklan pada tempat yang mudah terlihat atau menurut pengalaman saya, iklan yang berada di dalam artikel baik diawal artikel, ditengah artikel, ataupun dibawah artikel, lebih banyak mendapatkan klik dan iklan yang muncul lebih relevan dengan konten, serta mempunyai RKT yang cukup tinggi.

Kelima, Jangan terlalu berlebihan memasang iklan dalam laman, terlalu banyak memasang iklan hanya akan membuat situs kita terlihat tidak berkualitas, karena pengunjung mendapatkan kesan bahwa situs tersebut tidak mengutamakan kualitas konten dan hanya mementingkan iklan untuk mendapatkan pendapatan, pengalaman saya pribadi seperti itu, saya jadi bosan dan tidak berniat meneruskan membaca situs yang didalamnya terlalu banyak memasang iklan, meskipun situs tersebut merupakan situs terkenal sekalipun. 
Ikuti saran google dengan memasang jumlah iklan sebagai berikut :
  • 3 unit ikan Adsense for content (teks, image, rich media)
  • 3 unit iklan tautan (text link - horizontal / vertikal)
  • 2 unit kotak penelusuran Adsense (Google custom search)
Keenam, Periksalah secara rutin Laporan kinerja dari Google AdSense, lihat iklan mana yang mempunyai kinerja paling baik, lakukan perubahan letak posisi iklan pada iklan yang mempunyai kinerja kurang baik, minimal 2 minggu setelah kamu lakukan perubahan, kamu bisa melihat kembali laporan kinerja iklan tersebut.

Ketujuh, Silahkan para pembaca memberikan saran kepada saya, tentang cara optimalisasi iklan GA, karena saya hanyalah seorang newbie yang minim pengalaman, dan selain cara yang saya utarakan diatas, saya juga melakukan cara lain untuk optimalisasi kinerja Iklan Google AdSense pada beberapa blog saya, diantaranya berusaha menaikkan jumlah pengunjung blog, melakukan optimasi SEO On Page dan Off Page, dan sampai detik ini, alhamdulillah  saya merasa puas dengan kinerja iklan saya.

Untuk para publisher semua, moga sukses yah.. !! Amin

"Orang biasa yang sedang belajar, dan ingin berbagi pengalaman"

2 komentar

makasih om infonya... kalau saya dapat GA, saya baca balik nih tips hehehe

Emang blum punya ? silahkan om dibaca, baca jg referensi dr mastah lainnya

Tinggalkan Coretan, Terima Kasih Kunjungannya Mas Bro dan Mbak Bray
EmoticonEmoticon