Cara Mudah Menghapus Widget Yang Tidak Ada Menu Hapus

Advertisement
Sedekah Ilmu, Banyak blogger pemula yang masih kebingungan menghapus Widget pada element blog, masalahnya, terkadang saat para blogger mengganti template lama dengan template baru, muncul beberapa permasalahan pada widget, terkadang ada widget tambahan yang muncul pada element blog, dan widget tersebut tidak dapat digeser ataupun dihapus. Mungkin artikel cara Mudah Menghapus Widget Yang Tidak Ada Menu Hapus sudah banyak dibahas oleh banyak blogger, namun saya akan sedikit membahas kembali, karena terkadang ada beberapa widget yang tidak muncul menu, simpan, batal dan hapus. jadi kita bingung untuk menghapusnya atau mengeditnya (lihat gambar)

Menu Pada Widget

Nah untuk mengatasinya ada dua cara :
Cara Pertama, Masuk ke menu administrasi - tata letak - klik edit pada widget yang akan dihapus, kemudian liat widget ID (liat pada kolom browser widget) pada gambar kiri Widget ID adalah HTML4 dan gambar sebelah kanan Widget ID nya Feed1, setelah kamu tahu Widget ID nya, masuk ke menu template - edit - klik pada halaman template, kemudian tekan CTRL + F untuk memudahkan pencarian, pastekan pada kolom pencarian ID widget yang hendak kamu hapus, kurang lebih kodenya seperti gambar dibawah ini :

Ganti Kode Widget

untuk memunculkan menu hapus, kamu cukup mengganti kode true menjadi false, kemudian simpan. dan refresh browser kamu, kemudian kamu masuk kembali ke menu tata letak, klik edit pada widget yang hendak kamu hapus, nah.. menu hapus sudah muncul dan kamu sudah dapat menghapus widget tersebut.

Cara Kedua untuk mengatasi masalah pada widget yang tidak muncul menu simpan, edit dan hapus (gambar sebelah kanan), caranya sama seperti cara pertama, namun yang kamu lakukan bukanlah mengedit, melainkan menghapus kode HTML widget tersebut. 

contoh, ID widget pada gambar sebelah kanan adalah Feed1, dan struktur HTML pada template adalah seperti berikut :

Hapus Kode Widget
Hapus keseluruhan kode tersebut, lalu simpan. kemudian silahkan masuk kembali ke menu tata letak, maka widget tersebut akan hilang. 

element tata letak setelah diedit

Gambar diatas adalah elemen widget pada tata letak sebelum dan sesudah mengedit template, gambar sebelah kiri menunjukkan terdapat dua widget yang tidak bisa dihapus, setelah mengedit template, maka widget sudah bisa dihapus

Demikian tips kecil dari saya, tentang Cara Mudah Menghapus Widget Yang Tidak Ada Menu Hapus, semoga bermanfaat !!

"Orang biasa yang sedang belajar, dan ingin berbagi pengalaman"

2 komentar

Keren gaan.... kang salam kenal gan.... bisa nih saling tanya2 gan....

Termakasih gan.. sukses buat agan

Tinggalkan Coretan, Terima Kasih Kunjungannya Mas Bro dan Mbak Bray
EmoticonEmoticon