Cara Membuat Rambut Sehat Dan Berkilau Dengan Buah-Buahan

Advertisement
Sedekah Ilmu, Rambut kepala bak mahkota bagi pria dan juga wanita, rambut yang indah tidak saja menjadi idaman kaum hawa, namun juga kaum adam, memiliki rambut tebal, subur, sehat dan berkilau menjadi impian setiap orang. namun terkadang, kurangnya perawatan, buruknya kondisi lingkungan serta kurangnya nutrisi dalam tubuh yang dibutuhkan rambut membuat rambut kusam, bercabang bahkan rontok. Kerontokan pada rambut dapat disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor luar atau external dan juga faktor dari dalam atau Internal, kerontokan yang berkelanjutan dan tidak segera diatasi akan menyebakan kebotakan.

Faktor dari luar yang mempengarui kerontokan rambut yaitu, sering bergonta - ganti gaya rambut, banyak orang tidak menyadari bahwa seringnya bergonta - ganti gaya rambut mempunyai efek besar terhadap kerontokkan rambut, kebanyakkan orang hanya memikirkan fashion/model rambut tanpa memikirkan akibatnya bagi rambut, beberapa gaya rambut ternyata mengakibatkan penarikan akar rambut, serta menyebabkan rambut mudah rapuh dan patah. Penyebab berikutnya dalah karena adanya zat asing pada rambut, atau bahan kimia, misalkan dikarenakan pewarnaan rambut, pemakaian minyak rambut, dan juga krim rambut yang berlebihan dan tidak sesuai dengan jenis rambut, sehingga menyebabkan rambut rusak bahkan mati yang berakhir dengan kerontokan. Penyebab selanjutnya yaitu karena adanya radikal bebas, radikal bebas dapat berasal dari kondisi cuaca, polusi udara yang berpengaruh pada kondisi kulit kepala. sering memakai penutup rambut, semacam helm saat berkendara juga disebut menyebabkan kerontokan, maka pilihlah helm yang membuat nyaman rambut anda dan juga tidak menyebabkan kulit kepala terlalu lembab yang akan menimbulkan ketombe.
Avogado dan Pisang Untuk kesehatan Rambut
Buah Avogado dan Pisang baik untuk Perawatan Rambut
Faktor dari dalam yang menyebabkan kerontokkan rambut yaitu, adanya penyakit, misalkan penyakit kulit yang menyerang kulit kepala, kanker, lupus dan lain-lain. Stres, stres adalah kondisi dimana adanya beban rohani yang melebihi kemampuan maksimum rohani itu sendiri, saat seseorang mengalami stres biasanya pikiran akan tertekan, hal tersebut akan berpengaruh terhadap reproduksi beberapa hormon atau dalam rubuh. biasanya saat orang mengalami kondisi stress, rambut akan mudah rontok, namun ketidakseimbangan hormon tidak selalu dialami oleh orang yang sedang stres saja, ibu hamil misalnya, mereka juga terkadang megalami kerontokkan rambut. Penyebab kerontokkan rambut dari faktor Internal juga dapat disebabkan karena adanya faktor keturunan, orang tua yang mempunyai Gen yang menyebabkan kerontokkan rambut, kemungkinan besar juga akan diturunkan kepada anak-anaknya.


Untuk mencegah terjadinya kerontokkan rambut, serta membuat rambut menjadi tebal, sehat dan berkilau kita dapat memnggunakan beberapa buah sebagai pencegahan dan pengobatan rambut yang rontok, beberapa buah tersebut yaitu:
  1. Buah Nanas, buah nanas diketahui mengandung Vitamin B Kompleks (B1-B12), vitamin tersebut dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan kuku dan rambut. untuk membuat rambut menjadi lebih lebat,ambil 1 - 2 butir nanas ukuran sedang, parut atau blender, tempatkan dalam wadah terbuka dan kemudian diamkan selama semalam. setelah itu buang air nanas, pakai endapan dari parutan buah nanas sebagi masker rambut, ratakan pada seluruh rambut diamkan sekitar 30 - 60 menit, kemudian bilas, gunakan secara rutin 3 kali dalam seminggu.
  2. Buah mengkudu, buah dengan bau kurang sedang ini ternyata juga mampu mengatasi masalah rambut, mengkudu dikenal sebagai obat dalam, namun dalam banyak penelitian kandungan dalam buah mengudu diketahui mampu membantu msalah pada rambut, untuk menagatsi masalah ketombe haluskan mengkudu yang telah matang, gunakan pada pangkal rambut, pijit perlahan, diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Untuk mengatasi kerontokan, haluskan buah mengkudu yang talah matang, campur dengan kuning telur ayam kampung / telur bebek, basahi rambut terlebih dahulu, kemudian oleskan secara merata dari pangkal hingga ujung rambut, tutup kepala menggunakan penutup rambut / sarung rambut selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih / air hangat. Untuk menghitamkan rambut menggunakan buah mengkudu, yaitu dengan mencampurkan perasan air mengkudu dengan air rebusan daun pandan yang telah direbus sehari sebelumnya. campur air rebusan air pandan dan air mengkudu secara merata, kemudian gunakan untuk membasahi rambut / keramas, diamkan beberapa menit dan bilas dengan air bersih. (hindari air perasan mengkudu terkena mata)
  3. Buah Lemon, untuk membuat setiap helai rambut anda sehat, rutinlah mengkonsumsi jus lemon, karena jus lemon akan membantu mengeluarkan racun dalam tubuh, dan membantu pertumbuhan rambut menjadi lebih sehat. selain itu jus lemon juga dapat menghilangkan ketombe, gunakan perasan air lemon untuk keramas, siapkan sekitar 100 ml perasan jeruk lemon, campur dengan air biasa sekitar 400 ml, gunakan pada kulit kepala, pijit secara perlahan dan gunakan secara merata pada pangkal rambut / sekitar akar rambut. diamkan selama 3 menit. segera bilas dengan air hangat. (saat penggunaan jangan sampai terkena mata, karena akan menyebabkan mata terasa pedih karena kandungan asam pada lemon).
  4. Buah Pisang, buah pisang dapat mengatasi masalah ketombe dan juga membuat rambut berkilau, haluskan pisang yang telah matang dengan blender, setelah menjadi adonan, gunakan pada rambut dari akar sampai dengan unjung rambut, diamkan sampai mengering kemudian bilaslah dengan air dingin.
  5. Buah Pepaya, buah pepaya dikenal sejak lama mampu menghaluskan kulit dan juga menyuburkan rambut. Buah pepaya mengandung banyak enzim, vitamin dan mineral, gunakan masker pepaya untuk menghilangkan ketombe, menghitamkan rambut serta membuat rambut lebat dan berkilau. untuk membuatnya haluskan buah pepaya yang telah matang, anda bisa langsung gunakan sebagai masker rambut dengan menggunakan pada seluruh bagian rambut, anda juga bisa menambahkan madu dan susu murni, agar hasilnya lebih maksimal.
  6. Jambu Biji, ternyata jambu biji tidak hanya bermanfaat mengobati diare saja,  jus jambu biji juga dapat merangsang pertumbuhan rambut dan membuat rambut lebih sehat karena jambu biji mengandung banyak Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C dan kalium. Untuk pemakaian luar, jambu biji dapat digunakan sebagai masker rambut, caranya yaitu haluskan buah jambu biji, tambahkan beberapa tets madu dan air sari lemon, oleskan pada kulit kepala hingga ujung rambut, diamkan selama beberapa menit dan bilas menggunakan air dingin. ulangi 2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.
  7. Alpukat, buah alpukat atau dikenal dengan nama lain avogado, Avogado mmapu membuat rambut kusam menjadi berkilau, akrena Avogado kaya nutri dna protein yang dibutuhkan rambut, Untuk membuat masker rambut dari Alpukat / Avogado, yaitu haluskan buah alpukat yang telah matang, tambahkan sekitar 30 ml minyak zaitun dan 20 ml minyak almond, kemudian campurkan hingga merata. gunakan secara menyeluruh pada helai rambut anda, anda juga bisa memijat secara perlaha kulit kepala anda, diamkan selama kurang lebih 20 menit, kemudian bilas dengan sampo dan ir bersih. ulangi minimal 1 minggu sekali, agar rambut berkilau yang didambakan dapat anda miliki.
Demikian artikel Cara Membuat Rambut sehat Berkilau Dengan Buah-Buahan, selain buah - buahan, masih banyak jenis tanaman lain yang dapat membuat rambut anda sehat dan berkilau, nantikan pada artikel selanjutnya.

"Orang biasa yang sedang belajar, dan ingin berbagi pengalaman"

2 komentar

saya komen pertama nih om bujo....
saya mau tanya pak... untuk jambu biji, itu memang dilakukan 2 kali seminggu maksimal? jika lebih apakah ada efek samping pada rambut?

2 kali seminggu itu yg disarankan, tapi bagi yg pernah nyoba kadang 3 kali seminggu, klo pengalaman pribadi sih sy jg 2 kali dalam seminggu. Sebenarnya utk pemakaian luar, tidak mempunyai efek yg berbahaya, namun jika memakai berlebihan dikhawatirkan justru akan menggangu kelembaban kulit kepala, lebih baik membuat jus jambu utk diminum utk mencukupi kebutuhan nutrisi rambut, daripada menggunakannya secara berlebihan utk masker rambut. Yg disarankan ya 2 kali seminggi dan jangan berlebihan..

Tinggalkan Coretan, Terima Kasih Kunjungannya Mas Bro dan Mbak Bray
EmoticonEmoticon