Berbagai Manfaat Dan Khasiat Pohon Aren

Advertisement
Sedekah Ilmu, Pohon Aren atau biasa disebut Pohon Enau, banyak tumbuh subur  di kawasan hutan Indonesia, pohon aren diketahui mempunyai khasiat sebagai obat tradisional, selain itu juga dapat dimanfaatkan sebagai barang produksi yang mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Pohon Aren mempunyai nama latin Arenga Pinnata, merupakan tumbuhan palma terpenting setelah pohon kelapa, pohon ini mirip dengan pohon kelapa, dapat tumbuh setinggi 25 meter, batang daun seperti batang daun kelapa, dengan warna daun hijau tua, pada bagian ujung batang dikelilingin oleh serabut yang biasa disebut dengan ijuk. buah dari Pohon aren sebesar buah jambe, daging buah berwarna putih dan bergetah.


Manfaat dan Khasiat dari Pohon Aren
Banyak Manfaat dan Khasiat yang dihasilkan oleh Pohon Aren, diantara Manfaatnya adalah :
  • Menghasilkan Gula, gula yang dihasilkan dari pohon aren biasa disebut dengan gula aren atau dalam bahasa inggris disebut palm sugar, untuk dapat menghasilkan gula dari pohon aren maka harus harus menyadap cairan yang dihasilkan dari tandan, sebelum menyadap cairan dari tandan, tandan harus dimemarkan terlebih dahulu beberapa hari sebelumnya, dengan memukul-mukul tandan tersebut sampai mengeluarkan cairan, setelah itu ujung tandan dipotong dan dipasang batang bambu untuk menampung cairan yang menetes dari tandan, cairan yang keluar tersebut biasa disebut dengan Nira, atau legen. Untuk dapat merubahnya menajdi gula, nira kemudian di masak dengan cara memanaskan dengan wajan atau alat sejenis hingga mengental, setelah itu kemudian dicetak dan akan menjadi gula setelah dingin. Air nira dibeberapa daerah juga diolah menjadi minuman beralkohol setelah difermentasi dan dicampurkan bahan lainnya, dibeberapa daerah minuman ini dikenal dengan sebutan tuak atau saguer.
Pohon Aren
Pohon Aren
  • Menghasilkan Buah kolang - kaling, buah ini cukup dikenal di masyarakat Indonesia, banyak dicari ketika memasuki bulan ramadhan. Kolang kaling berwarna putih cerah, untuk dapat memanfaatkannya menjadi olahan yang nikmat, buah terlebih dahulu dipecah untuk memisahkan batok dengan daging buah. kemudian dimasak dalam air panas dan di rendam dalam air selama beberapa hari, hal ini bertujuan untuk menghilangkan getah kolang - kaling yang menyebabkan gatal dan mampu membuat kulit melepuh. 
  • Bahan Bangunan dan Produk lainnya, selain Manfaat yang disebutkan diatas, Pohon aren juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan, kayunya dapat dijadikan sebagai tiang, ijuk dari pohon ini juga dapat dianyam menjadi tali yang kuat, Ijuk pohon ini juga dapat dijadikan sebagai sapu, serta dijadikan bahan atap rumah, daunnya biasa digunakan sebagai pembungkus gula aren serta pembukus makanan lainnya.
Khasiat dari Pohon Aren
Selain dapat menghasilkan produk yang bernilai ekonomis, ternyata beberapa bagian dari Pohon aren juga dapat dijadikan sebagai obat tradisional. diantaranya adalah :
  • Obat sembelit dan Sariawan, Tuak dan Aren dapat digunakan sebagai obat sariawan dan sembelit, kandungan didalamnya dipercaya dapat mengobati penyakit tersebut.
  • Obat Demam dan Susah Buang Air Besar, untuk mengobati sakit tersebut bahan yang digunakan adalah : 1 gelas air hangat, 1 potong gula aren. cara membuatnya yaitu,  gula aren di campurkan dengan air hangat, kemudian diaduk hingga larut dan diminum biasa
  • Meningkatkan Stamina,  untuk membuat ramuan penambah stamina, gunakan bahan sebagai berikut : Siapkan, setengah sendok teh jinten setengah.kunyit putih sebesar ibu jari lima butir, segenggam daun sirih berikut rantingnya, asam tanpa biji 1/4 kg, beras ssatu gelas, kencur 1 kg, dan gula aren secukupnya. Cara membuatnya yaitu Beras direndam selama satu jam, lalu tiriskan. Sirih, jinten, kencur dan kunyit dicampur lalu ditumbuk sampai merata. Masukkan beras, setelah lumat ditambah gula aren dan sebotol air, kemudian diblender. Saring bahan-bahan yang telah diblender, dapat disimpan dalam di kulkas dengan botol tertutup. Minum setiap malam 5 sendok makan dicampur dengan air hangat. Minum selama dua minggu berturut-turut, bisa ditambahkan madu dan juga kuning telur ayam kampung.
Gula Aren
Gula Aren Halus
  • Sakit Perut, bahan yang digunakan  1 gelas air hangat, 1 potong gula aren, dan asam yang telah matang secukupnya, cara membuatnya campur bahan tersebut dan diaduk sampai merata, saring kemudian diminum biasa.
  • Mengobati Rematik, bahan yang digunakan : 5 gram adas, 5 gram pulasari, 30 gram daun sosor bebek, gula aren secukupnya, kemudian direbus dengan air sekitar 400 cc hingga tersisa setengahnya, saring air hasil rebusan tersebut dua kali sehari.Masuk Angin, untuk mengobati masuk angin, gunakan 30 gram gula aren, 60 gram daun pepaya, 10 gram jahe, 3 batang sereh, 10 butir cengkeh, 1/2 sendok teh jintan, 20 gram daun sembung, kemudian direbus dengan 800 cc air hingga tersisa kurang lebih 450 cc, lalu disaring dan diminum airnya 3 kali sehari masing-masing 150 cc.
  • Mengobat Kanker, Bahan pengobatan ini yaitu segengam daun ceremai muda, bipas upas, bidara upas sajari, gadung cina sajari, daun belimbing, ditambah gula aren, semua bahan direbus dengan tiga gelas air hingga tinggal segelas. Ramuan ini diminum tiga kali sehari masing-masing satu gelas.
  • Gangguan Ginjal, banhan untuk mengobati gangguan ginjal yaitu : rimpang temulawak, daun kumis kucing dan segenggam daun meniran, direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa setengahnya. Diminum tiga kali sehari. Untuk menambah nafsu makan bisa dicampur juga dengan rimpang lengkuas. Sedang untuk memperbaiki rasa bisa ditambah GULA AREN, asem atau jeruk nipis sesuai selera.


Demikian sedikit dari sekian banyak Manfaat Dan Khasiat Pohon Aren, sebelum anda mencoba ramuan tersebut, ada baiknya memeriksaakan diri terlebih dahulu kepada ahli kesehatan, selain itu kenali kesehatan tubuh anda, apakah tubuh anda alergi terhadap bahan-bahan tersebut diatas.



"Orang biasa yang sedang belajar, dan ingin berbagi pengalaman"

2 komentar

Kang, pohon aren ini sama gak dengan kelapa sawit? dan salah satu manfaatnya juga "yang saya ketahui" daunnya digunakan untuk dijadikan atap...

Beda om, klo pohonnya sih mirip, karena memang masih dalam jenis palmae, aren itu bisa hasilkan gula sedangkan kelapa sawit hasilkan CPO.

Tinggalkan Coretan, Terima Kasih Kunjungannya Mas Bro dan Mbak Bray
EmoticonEmoticon