Sediakan Menu Dengan Nama Tak Pantas, Kedai24 Diprotes

Advertisement
Sedekah Ilmu, - Siapa yang tak tahu kota Yogyakarta ? hampir mayoritas penduduk Indonesia tahu kota ini, baik yang pernah berkunjung secara langsung maupun hanya mengetahui melalui media massa. Jogja begitu kebanyakan orang menyebut Kota Yogyakarta, adalah kota yang mempunyai banyak sebutan seperti Kota Budaya, Kota Gudeg, dan Kota Pelajar bahkan pemerintah Jogja memberi Slogan "Jogja Never Ending Asia" yang dimaksudkan sebagai Kota yang mengemuka di kawasan Asia yang akan selalu terus tumbuh berkembang.

Jogja juga dikenal dengan keramahan masyarakatnya, banyak orang yang pernah berkunjung ke Jogja berpendapat bahwa Jogja adalah kota yang ramah, masyarakatnya hidup damai Adem Ayem, rasa sosial dan saling menghargai antar masyarakatnya begitu kental. masyarakat Jogja juga masih memegang erat adat istiadat dan budaya, terutama sopan santun dalam kehidupan keseharian, baik dalam tutur kata dan bahasa, maupun tatacara berpakaian.Inilah yang menjadikan Jogja sebagai kota Istimewa, baik dihati masyarakatnya maupun bagi orang yang pernah berkunjung ke jogja.

Namun beberapa hari terakhir ini, di media lokal maupun media elektronik nasional ramai dibahas  masalah Menu Makanan dan Minuman disebuah Kedai makanan yang terletak di Jalan Kledokan, Sleman Jogjakarta, dan beberapa cabang kedai tersebut. Bukan karena bahan makanan atau minuman di kedai tersebut menggunakan bahan yang berbahaya, ataupun karena rasa makanan yang disajikan begitu lezat, akan tetapi karena kedai tersebut memakai nama yang menurut kebanyakan orang adalah kata-kata yang jorok, por*o dan Cab*l


Kedai24 begitu nama kedai tersebut, kedai yang buka 24 jam itu akhir akhir ramai diperbincangkan karena menggunakan nama jor*k dan por*o dalam nama menu makanan dan minuman yang disajikannya. sebagai contoh menu makanan yang disajikan diberi nama Gi***o, yaitu singkatan dari Gerombolan nasI GOreng Sesuka LO atau Menu Pel***r singkatan dari PEmusnah LApar cUkup Rasional, selain menu menu tersebut,  masih banyak nama menu lainnya yang diberi nama nyeleneh, seperti Manstu***i, Orgasm, so***rma, Pen*z dan Miy-abi. Ntah apa maksud dari sang pemilik/pengelola memberi nama menu dengan nama yang terkesan jor*k dan por*o tersebut. mungkin maksud awalnya ingin menarik para pelanggan dan memberi rasa penasaran bagi masyarakat untuk berkunjung dan mencicipi makanan di kedai tersebut. Tujuan awalnya kemungkinan baik, tapi dengan memberi nama-nama menu yang nyeleneh tersebut jelas, bertolak belakang dengan budaya masyarakat Jogja sendiri, yang dikenal halus dalam bertutur kata, santun dalam berbahasa, dan halus serta sopan dalam sifat dan sikapnya. apa jadinya jika kita membawa anak-anak makan ditempat tersebut, dan anak-anak menanyakan arti nama menu makanan tersebut. tentunya hal tersebut kurang baik dari sisi edukatif anak-anak.

Daftar menu Kedai24
Beberapa nama Menu di Kedai24

Sebenarnya kedai tersebut telah berdiri sejak lama, dan menggunakan nama menu tersebut juga sejak didirikan, bahkan beberapa netizen juga pernah membahasnya di media nasional seperti di forum kompasiana dan blog milik pribadi. namun baru kali ini timbul protes dari masyarakat mengenai penamaan menu pada kedai makanan tersebut. Protes juga disampaikan secara resmi oleh Forum Komunikasi Psikolog Puskesmas se-Kabupaten Sleman ke Polres Sleman, dari laporan tersebut kemudian dilakukan mediasi oleh pihak Polres melalui Kepala Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (UPPA). dari hasil pertemuan disepakati bahwa pemilik akan mengganti nama seluruh menu makanan paling lama 2 minggu.

Sebagai pengelola warung makanan, hendaknya menggunakan cara-cara yang bijak dan  baik dalam berpromosi, bukan dengan menggunakan kata yang cara yang tidak baik termasuk penggunaan  kata jorok dan tidak pantas demi mencari popularitas, seharusnya para pemilik warung memberikan kesan yang baik kepada calon pembeli, seperti kesan kebersihan, kelezatan, harga makanan yang murah dan kehalalan. Semoga hal tersebut tidak terulang kembali dan membuat para pengelola warung makanan lebih bijak dalam penamaan menu makanannya.

(kata-kata yang tidak pantas sengaja saya rubah penulisannya karena dicekal oleh google)
#kedai24

"Orang biasa yang sedang belajar, dan ingin berbagi pengalaman"

Tinggalkan Coretan, Terima Kasih Kunjungannya Mas Bro dan Mbak Bray
EmoticonEmoticon