Petunjuk Pengisian SPT Tahunan 1770 S Formulir Melalui E-filling

Advertisement
Sedekah Ilmu, Laporan SPT Tahunan 1770 S Formulir adalah diperuntukkan bagi mereka yang berpenghasilan bruto diatas Rp. 60 juta pertahun, cara pengisiannya pun sangatlah mudah, untuk mengisi laporan SPT 1770 S secara online melalui efiling, anda harus masuk / login menggunakan nomor NPWP dan pasword yang anda buat, jika anda belum memiliki pasword dan EFIN maka anda harus meminta nomor EFIN ke kantor Pelayanan Pajak terdekat dan melakukan registrasi, untuk melakukan registrasi dan masuk ke menu pengisian SPT silahkan baca artikel saya sebelumnya, tentang :

Setelah anda berhasil login/masuk ke situs https://efiling.pajak.go.id, klik menu atau pilihan buat SPT, akan muncul pertanyaan seperti dibawah ini :
Apakah penghasilan bruto anda dalam setahun kurang dari atau sejumlah Rp. 60.000.000 ?
  • Ya
  • Tidak
maka anda harus memilih tidak, maka otomatis anda akan diarahkan ke pertanyaan selanjutnya

Anda akan mengisi formulir 1770 S, pilih tipe pengisian SPT yang akan digunakan !
  • 1770 S Formulir
  • 1770 S Wizard
pilih 1770 S Formulir dan klik tombol bertuliskan Klik untuk lanjut isi SPT 1770 S Formulir 

SPT 1770 S
  1. Selanjutnya pilih tahun pelaporan SPT, Status SPT, Stataus Perkawinan dan Status Kewajiban Perpajakan sesuai dengan data diri anda sebagai wajib pajak, kemudian klik tombol next.
  2. Pada bagian A isi dengan penghasilan netto dalam negeri Pada bagian B isi dengan penghasilan yang bukan termasuk obyek pajak Pada bagian C adalah kolom untuk bukti potong. klik bukti potong pemberi kerja jika sudah dilakukan pemotongan oleh pemberi kerja, data akan muncul jika sudah dilakukan pemotongan. jika belum klik tombol tambah, masukkan nama pemotong : misalkan Kanwil Hukum dan HAM, dan nomor NPWP bendaharawan. isi nomor bukti pemotongan, tanggal pemotongan, jenis potongan dan jumlah potongan kemudian klik simpan. jika data yang anda masukkan salah, pada menu action pilih ubah untuk melakukan pembetulan. kemudian klik next jika data anda sudah benar.
  3. Selanjutnya anda akan diarahkan ke lampiran II, pada bagian A isi dengan PPh final, pada bagian B adalah daftar harta yang anda miliki pada akhir tahun, jika anda pernah mengisi laporan SPT melalui egfilling pada tahun sebelumnya, maka data anda akan muncul otomatis, lakukan update data, baik menghapus maupun menambah daftar harta yang anda miliki, pada bagian C adalah kolom untuk mengisi Daftar Kewajiban, Misalnya jumlah hutang anda, pada bagian D adalah kolom untuk mengisi data keluarga, isi sesuai dengan data keluarga anda. untuk melakukannya bisa anda klik tombol tambah jika ingin menambah data jumlah keluarga. kemudian klik next.
  4. Pada langkah berikutnya anda akan diarahkan ke lampiran Induk. isi dengan data penghasilan anda. pada nomor satu isi dengan penghasilan netto dalam negeri anda. pada kolom nomor 3 isikan jumlah penghasilan netto luar negeri anda jika ada. isi kolom kolom berikutnya sesuai data anda. jika dalam halaman tersebut menunjukkan jumlah jumlah selisih / jumlah kurang bayar dan anda telah melakukan pelunasan. maka anda harus memasukkan 16 digit nomor NTPN
  5. Jika data sudah terisi benar, maka anda harus mencentang setuju pada bagian pernyataan kemudian klik simpan, sistem akan memunculkan pertanyaan apakah anda akan menyimpan laporan SPT ini, pilih ya kemudian klik next. terakhir sistem akan menampilkan laporan SPT yang akan dilaporkan oleh wajib pajak.
  6. Untuk dapat mengirimkan SPT, anda harus meminta kode verifikasi dengan mengklik pilihan Klik disini, pilih pilihan apakah kode verifkasi dikirim ke email atau nomor handphone, kemudian pilih ok. setelah anda menerima kode verifiaksi berjumlah 6 digit, masukkan kode tersebut ke kolom kode verifikasi dan klik tombol Kirim SPT. kemudian sistem akan memberikan informasi bahwa SPT telah berhasil dikirim.
  7. Selanjutnya anda akan menerima bukti pengiriman SPT melalui email yang anda gunakan.
Jika anda belum faham secara detail, silahkan lihat video tutorial pengisian SPT 1770 S Formulir di link : https://www.youtube.com/watch?v=schkzpG3Vcc
Semoga bermanfaat !!

"Orang biasa yang sedang belajar, dan ingin berbagi pengalaman"

3 komentar

bagaimana solusi jika terjadi kesalahan dalam mengisi data diEFIN?
saat sudah diubah tetapi tidak bsa mengirim sptnya..

bagaimana solusi jika terjadi kesalahan dalam mengisi data diEFIN?
saat sudah diubah tetapi tidak bsa mengirim sptnya..

Edit profil. Jika tetap tidak bisa, anda harus datang ke KPP terdekat

Tinggalkan Coretan, Terima Kasih Kunjungannya Mas Bro dan Mbak Bray
EmoticonEmoticon