Manfaat Pohon Angsana Untuk Pengobatan Dan Bahan Bangunan

Advertisement
Sedekah Ilmu, - Angsana atau biasa disebut sonokembang mempunyai nama latin Pterocarpus indicus, merupakan jenis pohon yang mempunyai kayu berkualitas tinggi. kayu pohon angsana berwarna kemerah-merahan, kayunya keras, dan cukup berat. (sumber wikipedia)

Pohon Angsana dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 40 meter, mempunyai bunga berwarna kuning dengan bau yang harum, daunnya berbentuk oval seperti telur, berwarna hijau terang dan tipis. Pohon angsana banyak tumbuh dihutan tropis, penyebarannya meliputi burma, asia tenggara, cina, kepulauan solomon, Kepulauan Ryuku hingga ke pasifik barat. di Indonesia, pohon ini banyak ditemukan diwilayah pulau jawa, kalimantan dan beberapa wilayah lain, kayu dari pohon ini banyak dimanfaatkan untuk industri furniture, sehingga kini pohon angsana banyak ditanam, penyebarannyapun sudah mulai merambah ke wilayah afrika, india, srilanka, jepang, taiwan hingga ke amerika tengah.

Manfaat Pohon Angsana

Kayu
Kayu pohon ini dikenal cukup keras dan mempunyai warna kemerahan yang cukup unik, tekstur kayunya juga unik sehingga kayu dari pohon ini banyak digunakan sebagai meubel, seperti kursi, meja, lemari dan furniture lainnya. kayu angsana juga digunakan untuk kontruksi bangunan rumah hingga dimanfaatkan sebagai bantalan rel kereta api. Tingkat kekerasan yang dimiliki kayu angsana, membuat hasil kerajinan seperti ukiran dan kerajinan yang membutuhkan ketelitian.
Pohon Angsana
Getah dan Daun

Getah (kino) dari Pohon Angsana dapat dimanfaatkan sebagai obat bisul atau luka bakar, dalam getah pohon tersebut, mengandung zat asam kinotanat dan zat warna merah. selain itu daun pohon ansana biasa digunakan dalam menurunkan kadar gula dalam darah, untuk obat sariawan, diare dan juga migren (sakit kepala sebelah). selain itu dalam sebuah penelitian, air rendaman daun angsana juga dapat digunakan untuk keramas, agar pertumbuhan rambut kepala tumbuh lebih baik, bahkan ekstrak daun angsana dan kino menurut penelitian juga dapat digunakan untuk obat kanker dan tumor.

Ramuan Obat dari Pohon Angsana

Obat Bisul,
  • Ambil beberapa daun Angsana, kemudian panaskan daun diatas api dengan menggunakan lilin hingga daun menjadi layu, kemudian tempelkan dibagian bisul, selain itu bisa juga daun Angsana ditumbuk, zat yang terkandung dalam daun ini bisa mempercepat bisul menjadi tua.
Obat Diare
  • Ambil pepagan (kulit kayu, adalah jaringan terluar batang tanaman berkayu. Jaringan ini terdiri atas jaringan kulit kayu bagian luar) secukupnya, rebus beberapa saat kemudian diamkan, ambil air hasil dari rebusan tersebut dan minumkan kepada penderita diare
Obat Sariawan
  • Pepagan dan daun pohon angsana direbus, tambahkan sedikit garam, kemudian gunakan air hasil rebusan sebagai obat kumur, ulangi 2 -3 kali sehari hingga sembuh.
Sebelum menggunakan ramuan dari Pohon Angsana, sebaiknya terlebih dahulu melakukan konsultasi dan mengetahui riwayat kesehatan diri sendiri, apakah jika dilakukan pengobatan menggunakan ramuan-ramuan tersebut, tubuh kita tidak akan terkena alergi, tetap jaga selalu kesehatan anda dan konsultasi dengan ahli kesehatan.

semoga bermanfaat !

"Orang biasa yang sedang belajar, dan ingin berbagi pengalaman"

Tinggalkan Coretan, Terima Kasih Kunjungannya Mas Bro dan Mbak Bray
EmoticonEmoticon