Cara Atasi Error "Memori Perangkat Tidak Mencukupi" Saat Install Aplikasi Di Perangkat Android

Advertisement
Sedekah Ilmu, - Android adalah salah satu sistem operasi linux yang dirancang untuk digunakan pada perangkat seluler seperti smartphone dan pc tablet. 

Palo Alto, pemilik Android inc. adalah yang pertama kali mengembangkan sistem yang canggih yang pada awalnya digunakan pada kamera digital, namun pada perkembangannya sistem android beralih ke sistem seluler yang mampu menyaingi symbian dan windows mobile yang telah lebih dulu menguasai sistem seluler smartphone.

Kini sistem android dapat dikatakan menguasai sebagian pangsa pasar seluler smartphone, khususnya di Indonesia, tampilan yang menarik dan canggih disebut mampu memenuhi kebutuhan informasi dan komunikasi parapenggunanya. Selain itu, sistem android yang open source menjadi daya pikat bagi para konsumen dan khususnya para developer pembuat aplikasi, bagaimana tidak, sistem open source membebaskan para developer aplikasi bebas membuat dan mengembangkan aplikasi yang kemudian dapat di jalankan pada android, jadi para pengguna android dapat mengakses aplikasi buatan orang lain tanpa melalui berbagai prosedur, lain bedanya dengan IOS dan windows yang mengharuskan semua aplikasinya harus melewati beberapa prosedur yang ketat untuk dapat di gunakan pada perangkatnya. Selain itu, tersedianya fitur - fitur dari google seperti maps, gmail, google translate, google play store dll yang terhubung dengan sistem android mampu membantu para penggunanya dalam menemukan informasi dengan cepat dan mudah.

Nah, bagi anda para penggemar dan pengguna smarphone android yang gemar mencari dan menggunakan aplikasi dari play store, terkadang sering mengalami error saat hendak melakukan instalasi aplikasi baru pada smartphone android. Mulai dari sistem yang tidak kompatibel, sampai dengan memori perangkat yang tidak mencukupi. Jika anda mengalami masalah yang pertama, mungkin anda perlu melakukan pemeriksaan terhadap sistem android smartphone anda dan melakukan upgrade untuk dapat memasang aplikasi yang anda inginkan. Jika anda mengalami masalah yang kedua, maka anda harus memeriksa ruang memori yang tersedia pada perangkat android yang anda gunakan. Apakah ruang memori yang tersedia cukup untuk digunakan dalam menginstall dan mengoperasikan aplikasi yang hendak anda gunakan. namun terkadang saat mengecek ruang memori perangkat, memori yang tersedia masih cukup untuk menginstall dan mengoperasikan aplikasi yang anda ingin gunakan, akan tetapi saat hendak mendownload muncul pesan error "terjadi kesalahan, memori perangkat tidak mencukupi" jika hal tersebut terjadi pada smartphone android anda, ini salah satu cara mengatasi error tersebut.

Pertama, masuk pengaturan smartphone anda.
Pengaturan Aplikasi

Kedua, buka manajer aplikasi
Manajer Aplikasi

Ketiga, pilih satu persatu aplikasi, kemudian klik hapus cache.

Info aplikasiLakukan hal tersebut pada semua aplikasi yang sering anda gunakan. Jika sudah selesai, kemudian coba anda download ulang aplikasi yang ingin anda gunakan. Karena dari pengalaman saya, setelah membersihkan cache saya dapat mengunduh aplikasi yang sebelumnya terjadi error karena memory perangkat yang tidak mencukupi.

Kenapa harus membersihkan cache ? cache adalah file sementara yang berasal dari internet maupun dari aplikasi yang tertanam dalam memory, hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan transfer data dengan menyimpan data yang pernah diakses pada cache tersebut, sehingga apabila ada data yang ingin diakses adalah data yang sama, maka akses akan dapat dilakukan lebih cepat. Keberadaan cache memang sangat membantu, akan tetapi pada perangkat smartphone yang memiliki kapasitas memory terbatas, keberadaan cache yang terlalu besar dapat memperlambat kinerja seluler smartphone yang anda gunakan, biasanya perangkat anda akan bekerja lebih lambat saat anda mencoba mengoperasikannya, bahkan perangkat sesekali dapat mengalami "hang" karena ruang memory yang tidak cukup memadai untuk dioperasikan.

Demikan sedikit tips dari saya, semoga bermanfaat.

"Orang biasa yang sedang belajar, dan ingin berbagi pengalaman"

Tinggalkan Coretan, Terima Kasih Kunjungannya Mas Bro dan Mbak Bray
EmoticonEmoticon