Akar Wangi, Manfaat Dan Khasiatnya

Advertisement
Sedekah Ilmu, - Tanaman Rumput Akar Wangi, mempunyai nama ilmiah Vetiveria Zizanoides, merupakan tumbuhan berakar serabut, yang berasal dari wilayah India. Tanaman ini dapat tumbuh sepanjang tahun, dan tingginya mencapai 2.5 meter. Sesuai dengan namanya, Tanaman Rumput Akar Wangi mempunyai aroma yang wangi, terutama pada bagian akar yang mengandung minyak astiri atau minyak vetiveria (minyak esensial), batangnya berwarna putih, beruas – ruas dan daunnya berwarna hijau berbentuk seperti pita. Untuk mengambil minyak dari Tanaman Akar Wangi, tanaman yang baru dipanen/dicabut kemudian dipotong bagian akar, lalu jemur sampai mengering, setelah itu Akar tersebut dipanaskan dalam tungku penyulingan, untuk memperoleh hasil minyak yang berkualitas, proses pemanasan dapat berlangsung hingga 20 jam.

Pemanfaatan Tanaman Akar Wangi

Barang Kerajinan 
Tanaman Akar Wangi

Di Indonesia, Tanaman Rumput Akar Wangi dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan parfum, kosmetik dan juga sabun mandi. Selain itu Tanaman ini juga digunakan dalam industri kerajinan, dibuat sebagai hiasan dinding, taplak meja, sajadah, songkok, sarung bantal hingga sebagai Tas kargo. Selain itu barang yang dihasilkan dari kerjainan Akar Wangi diyakini juga akan mampu mengusir hewan serangga seperti kecoak, nyamuk dan serangga lainnya. Wilayah yang terkenal dengan penghasil kerajinan Akar Wangi adalah wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pemanfaatan tanaman akar wangi di daerah tersebut sangat tinggi, dikutip dari Situs Resmi Pemerintah Garut, saat ini Pemerintah kabupaten Garut terus menggenjot produksi Tanaman akar wangi, karena mempunyai keunggulan komparatif dan kompetitif serta masih terbukanya pangsa pasar, baik pasar domestik maupun pasar luar negeri. Data terakhir didapatkan seluas 2.400 Ha lahan di garut digunakan untuk pengembangan Tanaman Akar Wangi dengan rata rata produksi mencapai 72 ton/tahun. Pemeliharaan akar wangi yang tidak membutuhkan keahlian khusus dan perawatannya yg relatif mudah, semakin menarik minat masyarakat untuk mengembangkan tanaman tersebut.

Hasil Kerajinan Akar Wangi

Pengobatan
Sudah sejak lama Akar Wangi dikenal mempunyai khasiat untuk mengobati beberapa penyakit, dalam akar tumbuhan tersebut mengandung beberapa zat penting yaitu, Asam Vetivena, Vetiverol Ester, Vetiveron dan Vetiverol, beberapa penyakit yang dapat diobati menggunakan akar wangi diantaranya adalah :
  • Luka bekas gigitan hewan berbisa seperti ular, kalajengking dan tawon;
  • Menyembuhkan Pegal Linu, Reumatik, dan Encok;
  • Menghilangkan bau mulut/nafas tak sedap
Cara membuat ramuan Tanaman Akar Wangi sebagai obat penghilang sakit Pegal Linu, Reumatik, dan Encok
  • Ambil beberapa aar wangi secukupnya, remas-remas hingga akar tersebut mengeluarkan minyak, kemudian gosokkan pada bagian yang sakit, ulangi beberapa kali. Setelah itu perlahan-lahan rasa nyeri akan hilang
Mengobati Baut Nafas Tak Sedap
  • Ambil beberapa potong akar wangi, 2 lembar daun sirih yang masih segar, pegagan 1 (satu) genggam, buah kapulaga sebanyak 6 butir, kemudian campurkan air bersih 110 ml. Rebus enggunakan panci tanah (jika ada), setelah mendidih dinginkan dan gunakan air rebusan ramuan tersebut untuk berkumur, gunakan secara rutin 2 (dua) kali sehari, dan bau nafas tak sedap dijamin akan hilang.
Jika anda berniat menggunakan Akar Wangi sebagai pengobatan, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu, apakah tubuh anda alergi terhadap bahan-bahan tersebut, anda juga dapat berkonsultasi dahulu dengan ahli kesehatan.
Semoga Bermanfaat

Dirangkum dari berbagai sumber

"Orang biasa yang sedang belajar, dan ingin berbagi pengalaman"

Tinggalkan Coretan, Terima Kasih Kunjungannya Mas Bro dan Mbak Bray
EmoticonEmoticon