Inilah Besaran Upah Minimum Kabupaten Klaten

Advertisement
Sedekah Ilmu, - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, akhirnya menetapkan besaran Upah Minimum Kabupaten (UMK) 2015 sebesar Rp1.170.000. Ribuan pekerja di Kabupaten Klaten kecewa dengan penetapan tersebut, pasalnya angka tersebut belum memertimbangkan kenaikan bahan bakar minyak (BBM) mulai bulan ini.

Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Klaten, Sukadi, mengatakan angka yang ditetapkan Gubernur sama persis dengan usulan UMK yang diajukan Bupati Klaten, Sunarna. Padahal, angka Rp1.170.000 belum memertimbangkan kenaikan premium sebesar Rp2.000 per liter.

Pihaknya mengaku sudah menyodorkan angka yang memertimbangkan kenaikan BBM yakni sebesar Rp1.235.000 dalam survei kebutuhan hidup layak (KHL). Pekerja kemudian bersedia menurunkan permintaannya menjadi Rp1.215.976

“Terus terang buruh di Klaten merasa terpukul dengan penetapan UMK 2015,” ujarnya saat berbincang dengan Solopos.com, Jumat (21/11/2014).

“Sebenarnya usulan UMK kami sudah memprediksi kenaikan BBM sebesar 30-40%. Namun unsur tripartit lain cenderung mengabaikan hal ini. Sembilan item survei yang menjadi dasar KHL bahkan kami nilai tidak transparan,” sebutnya.


Menanggapi penetapan UMK tersebut, pihaknya bakal berkoordinasi dengan anggota federasi untuk mengambil langkah selanjutnya. Sementara ini, Sukadi mengaku sudah diminta DPD SPSI menyerahkan dokumen sebagai upaya revisi UMK. “DPD mengisyaratkan ada upaya untuk mendesak revisi UMK. Kalau mengacu kenaikan BBM sekarang mestinya UMK Klaten naik 4,5%. Pertimbangannya adalah inflasi sepanjang tahun 2015.”

erbeda pendapat dengan ketua SPSI Klaten, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Klaten, B. Sulistyo, mengatakan penetapan UMK oleh Gubernur sudah sesuai dengan kesepakatan bersama, dan berharap keputusan itu diterima dan dijalankan bersama.

sumber data : solopos.com

"Orang biasa yang sedang belajar, dan ingin berbagi pengalaman"

Tinggalkan Coretan, Terima Kasih Kunjungannya Mas Bro dan Mbak Bray
EmoticonEmoticon