Jeruk Kingkit Versus Batuk Berdahak

Advertisement
Sedekah Ilmu, - selamat malam follower xixixixi .. Terinspirasi dari suara batuk tetangga barusan, batuknya tuh merdu kayak dangdut 80an, batuk sekali suaranya masih enak didengerin.. Uhuk uhukk uhuk sedikit ada cengkok melayu.. Batuk yang kedua mulai berubah aliran musik, tadinya dangdut sekarang kedengeran kayak pop rock 90an.. Uhukkk uhuukk huekk hukk.. Suara batuk yang ketiga kalinya udah berubah total, dari dangdut, pop rock sekarang berubah jadi musik cadassss uhukkk huieekk uhhukk hoikk arghh uhuggg (sambil ngeden) kroikk uhuk uhuk.. Cuih..  rupanya nie tetangga lagi batuk berdahak.. Kasian banget, kalo batuk nafasnya senin kemis, lubang idung udah kayak bendungan air manggarai, bulu idungnya menjuntai dengan upil kering bergelantungan hahhahaha.

Saya jadi inget, kalo batuk itu rasanya gag enak banget, tenggorokkan kering, apalagi kalo batuk berdahak.. Wuihh ni dada panas, nafas senin-kamis, paru paru kayak mau keluar.. Terus kepala ikut pening, badan anget, mata jadi berkunang-kunang, idung meler nah kalo dah gitu dompet ikut sakit ..

Keinget pengalaman waktu kecil dulu, kalo sakit batuk biasanya ibu marutin jahe buat diborehin ke dada, hangat dari jahe bisa bantu ngurangin rasa sakit di dada kalo pas batuk, trs badan juga jadi anget, bisa ngindarin dari demam yang biasanya nyamperin orang yg lagi batuk.. Selain itu biasanya dikasih parutan air kencur atau air jahe. Jahenya dibakar dulu terus digepengin dan diseduh pake air panas. Lumayan sih bisa  ngilangin dahak sedikit demi sedikit.

Ngomongin batuk berdahak, dulu pernah ngalamin batuk berdahak parah banget.. Lendir dahaknya sampe berwarna kuning kehijau hijaun .. Yah mirip mirip cendol xizizi , tapi dari pengalaman itulah sampai sekarang saya masih inget ramuan tradisional yang waktu itu dipake buat ngobatin. Disaranin ama mbah dukun di desa, dukun pijit sih bukan dukun santet.. Biar batuk berdahaknya sembuh, ibuku disuruh nyari daun randu, daun dari pohon kapas, pohonnya berduri, kapasnya biasa dipake buat kasur ama bantal kalo di desa, soalnya pada gag punya springbed hhehe.. Daun kapas sekitar 10 lembar, dicuci kemudian di tumbuk sampai halus, terus disaring diambil airnya.. Air hasil dari tumbukan daun randu itu mirip banget ama minyak goreng, cuma agag lengket dan berlendir. Nah air hasil saringan itu kemudian ditambah ama perasan air jeruk kingkit + gula batu. Diminum 2 kali sehari. pengalaman saya sih 2 hari sejak minum udah gag batuk dan dahaknya langsung hilang, cuma mungkin sekarang buat nyari jeruk kingkit sulit, kebanyakan sekarang pohon jeruk kingkit dijadikan pohon bonsai, pohonnya sedikit berduri dan daunnya kecil, lebih besar dari daun kelor dan lebih kecil dari daun pintu hhehee .. Yah moga aja, tetangga ikut baca postingan ini, biar batuknya bisa cepet sembuh. Amin

.

"Orang biasa yang sedang belajar, dan ingin berbagi pengalaman"

Tinggalkan Coretan, Terima Kasih Kunjungannya Mas Bro dan Mbak Bray
EmoticonEmoticon