Kunyit, Manfaat dan Efek Sampingnya

Advertisement
Sedekah Ilmu - Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang banyak tumbuh di indonesia. Kebanyakan orang memnganggap kunyit hanya sebagai bumbu masakan, pemberi warna pada masakan, atau sebagai bahan pengawet saja. Padahal kunyit memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Kunyit memiliki manfaat bagi kesehatan diantaranya sebagai obat anti gatal, anti kejang dan mengurangi pembengkakan selaput lendir mulut, sebagai salep untuk mengobati bengkak dan terkilir. Kunyit juga bisa menyembuhkan hidung yang tersumbat.

Berikut adalah khasiat dan manfaat kunyit untuk kesehatan:


  1. Mengobati Tifus,Bahan : 3 rimpang kunyit, 5 batang sere, 10 lembar daun sambiloto.caranya : Tumbuk semua bahan sampai halus, lalu tambahkan 1 gelas air yang masih hangat dan disaring, setelah itu minumlah ramuan tersebut selama seminggu berturut-turut
  2. Mencegah Diabetes, Kunyit mengandung zat kurkumin yang dapat mengurangi resistansi insulin. Karena hal tersebut maka kandungan kadar glukosa dalam darah dapat dikendalikan sehingga dapat mengurangi resiko terserang diabetes.
  3. Mencegah Anemia, Anemia terjadi karena kekurangan zat besi. Anda bisa mencegah anemia dengan mengonsumsi kunyit, karena kunyit banyak mengandung zat besi.
  4. Mencegah Alzheimer, Orang yang mempunyai penyakit Alzheimer akan bermasalah dengan ingatan, penilaian, dan berpikir. beberapa penemuan fakar ahli mengatakan bahwa kunyit memiliki kandungan zat anti-inflamasi dan antioksidan, sehingga dengan mengkonsumsi kunyit dapat mencegah penyakit Alzheimer.
  5. Mencegah dan Mengobati Panas Dalam, Caranya : Ambil 1 siung kunyit yang agak besar dan buang kulitnya sampai bersih,lalu Parut. Seduhlah parutan kunyit tersebut dan tambahkan gula merah. Minum selagi hangat.
  6. Menyembuhkan Luka, Kunyit mengandung bahan anti-septik dan bahan anti-bakteri. Dengan kandungan zat tersebut, kunyit sangat baik digunakan untuk disinfektan untuk luka biasa maupun luka bakar.
  7. Mencegah Keputihan, Caranya : Ambil 3 ruas kunyit, satu genggam daun beluntas, 4 buah asam, gula aren secukupnya. Kemudian bahan direbus secara bersamaan sampai air mendidih, kemudian saring bahan dan minumlah secara rutin, satu gelas per hari.
  8. Mengobati Kanker, Kandungan kurkumin yang terdapat dalam kunyit merupakan antioksidan yang berkhasiat mencegah kerusakan dan mutasi sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Serta kandungan kurkumin memiliki manfaat untuk menghambat pertumbuhan kanker.
  9. Mengobati Gatal dan Penyakit Kulit, Caranya : Ambil 4 ruas kunyit, ambil biji cengkeh , parutan kunyit dan tumbuklah biji cengkeh sampai halus. Campurkan parutan kunyit dan tumbukan cengkeh tadi dan tambahkan bunga melati. Remas-remas, dan balurkan pada tubuh yang gatal.
 Efek Samping Kunyit

Selain bermanfaat untuk masakan dan kesehatan, ternyata kunyit juga mempunya efek samping bagi tubuh jika digunakan dengan cara yang salah, dan dalam kondisi yang tidak tepat :
  1. Gangguan lambung, Karena sifat pedas yang dimilikinya, mengonsumsi kunyit dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan gangguan lambung. Untuk membantu menghindari efek samping ini, saat mengambil suplemen kunyit, pilih yang menggunakan lapisan enterik (enteric coating) dimana suplemen larut di usus kecil sehingga tidak mengganggu lambung.
  2. Merangsang rahim,  Kunyit dikenal sebagai stimulan rahim yang dapat mendorong aliran menstruasi. Wanita hamil dan ibu menyusui perlu berhati-hati untuk tidak menggunakan kunyit terlalu banyak.
  3. Susah diserap tubuh, Kunyit memiliki kecenderungan susah diserap oleh tubuh. Jika hendak membeli suplemen kunyit, pastikan memilih yang mengandung piperin sebagai salah satu bahan aktif.Piperin akan membantu mempermudah penyerapan kunyit sehingga tubuh akan mendapatkan manfaat maksimal.
  4. Perdarahan, Kunyit diketahui menghambat penggumpalan trombosit sehingga dapat mencegah penggumpalan darah. Tapi kunyit ternyata juga dapat memicu perdarahan. Penting untuk mengambil dosis yang tepat untuk menghindari efek samping ini.Saat memilih suplemen kunyit, pilih produk yang terdaftar serta mengandung nutrisi alami tambahan sehingga semakin banyak khasiat yang akan Anda dapatkan. Penting untuk menghindari kunyit jika Anda sedang menggunakan obat antikoagulan.
  5. Menurunkan efek kemoterapi, Penelitian telah menunjukkan bahwa kunyit mungkin memiliki efek terhadap kemoterapi, sehingga sebaiknya jangan menggunakan suplemen kunyit saat sedang menjalani kemoterapi. Salah satu cara terbaik untuk menghindari efek samping dan untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari kunyit adalah dengan mengonsumsi suplemen yang terbuat dari bahan alami dan bebas bahan kimia

"Orang biasa yang sedang belajar, dan ingin berbagi pengalaman"

1 komentar so far

Bermanfaat infonya..

Tinggalkan Coretan, Terima Kasih Kunjungannya Mas Bro dan Mbak Bray
EmoticonEmoticon