Kenali dan Pilih Sarapan Sehat

Advertisement
SARAPAN pagi bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Tetapi, pastikan memilih makanan yang sehat. Makanan apa yang paling tepat? Pakar nutrisi menganjurkan Anda untuk memulai hari dengan whole grain seperti oatmeal atau beras merah. Makanan yang bersifat mengenyangkan ini tidak menyebabkan peningkatan gula darah secara tiba-tiba karena diolah secara perlahan. Selain itu, makanan ini diserap dengan perlahan sehingga membuat Anda kenyang lebih lama. Apakah hanya whole grain? Tentu saja tidak, masih banyak jenis makanan yang bisa Anda konsumsi serta beberapa makanan yang perlu Anda hindari saat sarapan, inilah contohnya:

Yang sebaiknya dikonsumsi:

Sereal yang biasanya terdapat campuran susu karena sama saja dengan makan besar. Pilihlah sereal tanpa atau rendah gula.

Telur merupakan pilihan yang baik untuk sarapan. Tetapi, tentunya dalam jumlah sedang.

Cobalah sandwich telur. Anda bisa kreatif dengan menambahkan keju atau ham dengan takaran sedang.

Kue dadar (pancake). Makanan satu ini merupakan pilihan yang tepat. Untuk mengurangi jumlah kalori, gantilah mentega dan sirup dengan buah segar.

Roti bakar. Roti bakar tetaplah pilihan yang baik untuk sarapan. Tetapi, pastikan menghindari penggunaan mentega terlalu banyak.

Jus. Jangan lupa jus saat sarapan. Anda bisa mendapatkan energi dari jus tanpa harus minum kopi.

Salad buah. Ini bisa menjadi pilihan yang baik. Pilihlah beberapa jenis buah yang Anda suka dan kombinasikan jadi hidangan segar. Buah juga mengandung energi untuk mencukupi kebutuhan anda.

Yang sebaiknya dihindari:

Donat bergula. Makanan ini akan menyebabkan penurunan gula darah sekitar 2 jam setelahnya. karena itu, Anda akan kembali tergoda untuk makan sesuatu. Rasa lapar yang ditimbulkan justru akan memicu Anda mengosumsi lebih banyak makanan bergula lainnya.

Makana batangan (bar). Jika berniat menjadikan bar yang mengandung 30 gram gula sebagai sarapan, ada baiknya mempertimbangkan ulang. Sebagian besar makanan batangan ini mempunyai kandungan yang hampir sama saja dengan candy bar.

Perhatikan label. Dengan membaca label, Anda bisa memastikan apakah kandungan makanan tersebut sehat atau tidak. Pilihlah semua makanan yang rendah gula atau tanpa gula sama sekali. ( OL-08)

"Orang biasa yang sedang belajar, dan ingin berbagi pengalaman" Hanya Manusia Biasa Yang Ingin Berkarya

Tinggalkan Coretan, Terima Kasih Kunjungannya Mas Bro dan Mbak Bray
EmoticonEmoticon