Manfaat Apel untuk Si Kecil

Advertisement

Sedekah Ilmu, - Siapa sih yang tidak kenal dengan buah ini? Terkenal dari ungkapan “An Apple a day keeps the doctor away”, buah ini ternyata memiliki 7500 jenis yang tersebar di seluruh dunia. Sebenarnya kandungan apa saja sih yang membuat buah ini dianggap buah yang sehat?

Kaya Antioksidan 

Menurut Comell University, 100 gram apel ternyata memiliki pengaruh antioksidan yang sama dengan 1500 miligram vitamin C. Penelitian lain yang dilakukan University of Nottingham menunjukkan bahwa mereka yang makan lima buah apel dalam seminggu mengalami perbaikan dalam fungsi pernapasan. Jadi dengan memastikan anak Anda memakan apel, Anda dapat membantu mereka terhindar dari batuk, bronchitis, bahkan pneumonia dan penyakit asma, lho! 

Makan dengan kulitnya 

Hampir semua antioksidan dan serat dapat ditemukan di kulit apel. Bahkan apel mengandung kadar pectin tertinggi lho! Pectin sendiri adalah serat alami yang terdapat dalam buah-buahan yang berfungsi sangat baik membantu proses eliminasi kolesterol dan racun dalam tubuh.

Hal ini dikarenakan pectin dapat membantu mengontrol tingkat insulin dalam tubuh dengan memperlambat dilepasnya gula dalam aliran darah. Inilah juga yang membuat apel dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Tapi, ingat Ma, jangan lupa cuci apel dengan seksama di bawah air mengalir sebelum dimakan. 

Sehat untuk Otak 

Semua itu adalah peran dari kandungan bernama kuersetin. Biasa ditemui juga di bawang putih dan teh hitam, kuersetin merupakan salah satu kandungan antioksidan yang sangat ampuh dalam melindungi sel otak dalam melawan radikal bebas yang menjadi cikal bakal berbagai penyakit otak, termasuk Alzheimer’s. Hal ini makin diperkuat dengan adanya studi di tahun 2005 terhadap binatang yang menemukan, memakan apel dapat membantu melindungi kerusakan pada otak yang berhubungan dengan kehilangan memori. 

Teman diet 
Kandungan kalori yang dimiliki apel berukuran normal hanya sebesar 70 – 100 kalori. Studi yang dilakukan niversity of Rio de Janeiro bahkan menemukan, wanita kelebihan berat badan dan memasukkan tiga buah apel sehari ke dalam menu diet mereka, dapat menurunkan berat badan lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi apel. Apel juga memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang rendah dan tepat dijadikan camilan atau makanan penutup enak dan sehat untuk keluarga Anda. 

Pasti tidak sulit kan untuk membuat si kecil memakan buah ini. Sediakan selalu buah ini di rumah dan biasakan anak Anda untuk menyantapnya setiap hari! 

sumber : http://portallokal.com/warta/39/khasiat-buah-apel-bagi-anak-anda/

"Orang biasa yang sedang belajar, dan ingin berbagi pengalaman" Hanya Manusia Biasa Yang Ingin Berkarya

1 komentar so far

bermanfaat infonya

Tinggalkan Coretan, Terima Kasih Kunjungannya Mas Bro dan Mbak Bray
EmoticonEmoticon