Manfaat Buah Jambu Biji

Advertisement
Sedekah Ilmu, - Buah jambu biji memiliki begitu banyak jenis, dari rasa yang manis sampai yang cukup asam. Perbedaan yang dapat dibedakan pada buah jambu biji adalah ketebalan daging buah, warna daging serta besar dan kecilnya biji pada buah jambu. Berikut ini beberapa jenis buah jambu biji:
  • Jambu biji yang berasal dari Thailand/Bangkok Berdasarkan asal datangnya buah jambu biji ini maka namanya juga jambu bangkok. Jambu bangkok ini memang enak dan segar, pohonnya juga tidak terlalu tinggi. Ukuran dari jambu bangkok ini memang besar-besar, daging buahnya tebal dan berwarna putih. Selain itu juga biji dalam buah hanya sedikit lho, bahkan ada beberapa buah yang tidak berbiji sama sekali.
  • Jambu biji yang berasal dari Australia Nah, kalau jenis Jambu biji yang satu ini pasti tidak banyak orang yang tahu. Bukannya tidak ada yang menanamnya, banyak juga sih, tapi sedikit sekali yang menjadikan jambu biji ini sebagai buah tangan di toko buah. Buah jambu biji yang berasal dari negeri kangguru ini memang berbeda dengan jenis jambu biji pada umumnya, yaitu buahnya, dagingnya maupun bijinya akan berubah warna dari merah menjadi keunguan. Rasanya juga manis dan satu lagi yang menarik yaitu jambu biji ini memiliki bau yang khas.
  • Beberapa Jambu biji lokal yang ada di Indonesia seperti : jambu pasar minggu dan jambu Palembang. Sebenarnya jambu biji yang ada di Indonesia ini merupakan hasil persilangan dan biasanya diberi sebutan sesuai dengan tempat jambu tersebut ditanam.
Jambu Biji
Fungsi Jambu Biji Untuk Kesehatan: Banyak manfaat buah jambu biji bagi kesehatan tubuh kita. Jambu biji ini bisa dimakan segar atau dibuat jus yang dingin. Tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat, batang maupun daun dari jambu biji ini juga banyak manfaatnya. Berikut ini beberapa manfaat buah jambu biji:
  • Kandungan serat yang tinggi dalam buah jambu biji membantu dalam proses pencernaan juga membantu mengurangi kolesterol dalam tubuh. Selain itu kandungan serat ini juga dapat mengurangi naiknya tekanan darah.
  • Daging buahnya terutama jambu biji yang memiliki daging buah berwarna merah sangat baik untuk pemulihan penderita demam berdarah yaitu untuk menaikkan trombosit dan kekebalan dalam tubuh penderita. Biasanya disajikan dalam bentuk jus.
  • Daun jambu biji ini sangat baik digunakan untuk mengobati penyakit diare/mencret. Caranya adalah : daun jambu biji dicuci bersih, kemudian direbus dengan sedikit air lalu diminum. Biasanya tidak hanya sekali minum agar cepat berhenti.
Manfaat Jambu Biji:
  • Buah ini sangat kaya vitamin C dan beberapa jenis mineral yang mampu menangkal berbagai jenis penyakit degeneratif, serta menjaga kebugaran tubuh.
  • Daun dan kulit batangnya mengandung zat antibakteri, yang dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit.
  • Daun jambu biji bisa digunakan untuk pengobatan diare, gastroenteritis, dan keluhan-keluhan lain yang berhubungan dengan pencernaan.
  • kulit batang jambu biji juga memiliki aktivitas antibakteri. Ekstrak dari kedua bagian tanaman ini secara in vitro bersifat toksik (anti racun) terhadap beberapa bakteri penyebab diare, seperti Staphylococcus, Salmonella, Shigella, Bacillus, Escherichia coli, Clostridium, dan Pseudomonas
  • Buah jambu dapat dikonsumsi dalam bentuk segarnya atau diolah menjadi berbagai macam produk seperti selai, jeli, pasta, dodol, dan jus.
  • Jambu biji juga mengandung potasium sekitar 14 mg/100 gram buah. Potasium berfungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat-zat gizi lainnya ke sel-sel tubuh, mengendalikan keseimbangan cairan pada jaringan sel tubuh, serta menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).
  •  Jambu biji juga merupakan sumber serat pangan (dietary fiber). Serat pangan bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit degeneratif, seperti kanker usus besar (kanker kolon), divertikulosis, aterosklerosis, gangguan jantung, diabetes melitus, hipertensi, dan penyakit batu ginjal.
  • Jambu biji memiliki kandungan zat gizinya yang tinggi, seperti vitamin C, potasium, dan besi. Buah jambu biji bebas dari asam lemak jenuh dan sodium, rendah lemak dan energi, tetapi tinggi akan serat pangan.
Manfaat Jambu Biji Untuk Pengobatan:
Manfaat jambu biji semakin bertambah. Para peneliti dari United States Department of Agriculture (USDA) menemukan bahwa jambu biji adalah buah dengan kandungan antioksidan terkaya di antara keluarga buah-buahan. Bayangkan, kandungan vitamin C dalam satu cangkir jambu biji lima kali lebih banyak dari jeruk, yaitu 377 mg. Vitamin C merupakan bahan dasar kolagen yang sangat baik untuk mengatasi masalah keriput di wajah para perempuan.

Semua orang pasti ingin selalu sehat dan cantik. Tentunya bukan hal yang sulit, apapun bisa dilakukan bila ada kemauan yang kuat untuk mencapainya. Intinya dengan menjaga pola hidup sehat dan seimbang, salah satunya dengan mengkonsumsi buah-buahan diantaranya manfaat jambu biji untuk kesehatan. jambu biji dapat digunakan berbagai macam pengobatan seperti contoh dibawah ini:

1. Diabetes Mellitus
Bahan: 1 buah jambu biji setengah masak, Cara membuatnya: buah jambu biji dibelah menjadi empat bagian dan direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. minum 2 kali sehari, pagi dan sore

2. Maag
Bahan: 8 lembar daun jambu biji yang masih segar. Cara membuat: direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan: diminum 3 kali sehari, pagi, siang dan sore.

3. Sakit Perut (Diare)
Bahan: 5 lembar daun jambu biji, 1 potong akar, kulit dan batangnya, Cara membuat: direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari pagi dan sore.

4. Sakit Perut atau Diare pada bayi yang masih menyusui
Bahan: jambu biji yang masih muda dan garam secukupnya. Cara menggunakan: dikunyah oleh ibu yang menyusui bayi tersebut, airnya ditelan dan ampasnya dibuang.

5. Masuk Angin
Bahan: 10 lembar daun jambu biji yang masih muda, 1 butir cabai merah, 3 mata buah asam, 1 potong gula kelapa, garam secukupnya Cara membuat: semua bahan tersebut direbus bersama dengan 1 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari.

6. Beser (mudah buang air kecil) berlebihan

Bahan: 1 genggam daun jambu biji yang masih muda, 3 sendok bubuk  beras yang digoreng tanpa minyak (sangan = Jawa). Cara membuat: kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 2,5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas kemudian disaring. Cara menggunakan: diminum tiap 3 jam sekali 3 sendok makan.

7. Prolapsisani
Bahan: 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji. Cara membuat: direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan: air ramuan tersebut dalam keadaan masih hangat dipakai untuk mengompres selaput lendir poros usus (pusar) pada bayi.

8. Sariawan
Bahan: 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji. Cara membuat: direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari.

9. Sakit Kulit
Bahan: 1 genggam daun jambu biji yang masih muda, 7 kuntum bunga jambu biji.
Cara membuat: ditumbuk bersama-sama sampai halus
Cara menggunakan: untuk menggosok bagian kulit yang sakit.

10. Obat luka baru

Bahan: 3 pucuk daun jambu biji. Cara membuat: dikunyah sampai lembut Cara menggunakan: ditempelkan pada bagian tubuh yang luka agar tidak mengelurkan darah terus menerus.

"Orang biasa yang sedang belajar, dan ingin berbagi pengalaman" Hanya Manusia Biasa Yang Ingin Berkarya

2 komentar

Info yang menarik

ijin baca dl gan, cz lumayan panjang nih

Tinggalkan Coretan, Terima Kasih Kunjungannya Mas Bro dan Mbak Bray
EmoticonEmoticon