Yuk Silaturahmiin PC Ke Ribuan TV

Advertisement
Sedekah Ilmu_Langsung aja ya ke pokok bahasan, yaitu Cara Nyambungin PC ke TV, banyak jalan menuju syurga, (setuju gag ?) begitu juga banyak cara yang digunakan untuk nyambungin PC ke TV, bisa disambungin pake kabel dan juga nirkabel. Kalo pake kabel bisa pake kabel UTP ato kabel jaringan, bisa pake kabel VGA, bisa juga pake kabel Coaxtil ato kabel antenna TV. Beda penggunaan kabel tentu beda juga alat yang dibutuhkan. Kalo pake Nikabel bisa pake Video sender.  Tapi kali ini saya mau bagi ilmu nyambung PC ke TV pake kabel Antena (yang murah gitu hehehehe). kenapa saya milih kabel TV alasannya simple aja, murah, gag ribet, gampang nyarinya dan jangkauannya lebih panjang dan tentunya bisa dipartisi ke ratusan TV. Dan yang pasti kabel coaxtil mampu membawa sinyal audio-video.

Nah alat apa aja yang dibutuhin
  1. PC/Laptop
  2. TV
  3. Kabel Coaktil ato kabel antena TV
  4. Modulator
  5. VGA card yang ada Output Videonya
  6. Spliter amplifier/Spliter boster
  7. Kabel Video dan Audio
dan satu lagi alat yang dibutuhin, tp sy lupa nama alatnya itu tuh yg seperti mur untuk colokan ujung kabel masuk ke lubang antenna di TV.

Langkah pertama, pasang VGA Card S Video Output di PC install Drivernya, kalo udah  konek ke PC tinggal agan-agan colokin kabel Video dari VGA ke Modulator (Warnanya lubangnya kuning), terus colokin juga kabel audio yang dari PC biasanya warna lubangnya merah ama hijau ke lubang audio pada modulator,  nah kemudian colokin kabel antenna yang ujungnya udah dipasangin kepala mur ke lubang Output modulator, nah disini baru ketahuan fungsi modulator, modulator menggabungkan sinyal Video audio alias ngemixer sinyal video audio untuk mudik sinyal Video audio ke TV, jadi gag perlu lagi pake 3 kabel,. Sampe disini dah ngerti belum…???
Nah kalo udah tinggal agan-agan colokin deh kabel Antena dari output modulator masuk ke lubang antenna TV.  Mudahkan..!!!

Contoh diatas digunakan pada satu televisi, kalo mau pake beberapa TV  tinggal agan bagi sinyal audio video dari kebel antenna dengan menggunakan spliter amplifier, terserah mau di bagi ke 100 TV ato 1000 TV  hehehe, fungsi spliter amplifier selain untuk membagi sinyal juga untuk menguatkan sinyal, kurang lebih kayak boster yg dipasang di TV dari antenna TV, yakni agar sinyal lebih bagus dan jernih. Kebutuhan modulator tergantung banyaknya TV dan jauh jarak PC ke TV, semakin jauh jaraknya maka agan-agan harus pasang spliter modulator dengan kualitas dan spesifikasi yang bagus pula. Kalo Cuma untuk satu gedung berlantai lima cukup yang murahan aja hehehehe… kalo udah tinggal agan-agan search seperti mencari saluran chanel  TV. selesai deh
Selamat bereksperimen, maaf gag terlalu pinter buat nerangin tapi kalo agan-agan udah dapat alat-alat yang dibutuhin pasti deh dengan sendirinya ngerti cara pasangnya, karena pada masing-masing alat udah ada petunjuk pemakaiannya :P . Baik yang otomatis maupun manual hehehehe. Sekedar informasi VGA Card S Video output sekarang agak langka dan susah nyarinya, denger-denger sekarang udah ada kebel converter dari VGA to RCA, nah kabel itu juga bisa agan-agan pake jika gag nemuin Hardware VGA card Video.
:D


"Orang biasa yang sedang belajar, dan ingin berbagi pengalaman" Hanya Manusia Biasa Yang Ingin Berkarya

2 komentar

Ulasan yang bagus. Hanya saya mau luruskan pernyataan Bapak "banyak jalan menuju surga", yang menurut saya hanya satu yaitu "islam". Karena itulah yang diridhoi Allah SWT.

Astagfirullah. Maaf bukan begitu maksud saya pak.. Maksudnya dengan seribu cara kebaikan dan dengan agama yang kita sama-sama yakini Yakni Islam.

Tinggalkan Coretan, Terima Kasih Kunjungannya Mas Bro dan Mbak Bray
EmoticonEmoticon